Jangan Biarkan Social Media Membuat Kita Ansos

Sadar atau tidak, semakin lama kehidupan kita semakin tidak bisa jauh-jauh dari smartphone? Rasanya dimanapun dan kapanpun kita harus menggenggam ponsel sehingga seakan-akan ponsel juga sudah menjadi bagian dari tangan kita. Apalagi sekarang berkat adanya bantuan seo services indonesia kita menjadi lebih mudah mencari website yang ingin dituju. Selain membuka website-website tertentu, hal yang paling krusial yang harus ada di dalam smartphone pastinya adalah social media (socmed). Dari namanya saja sudah jelas kalau socmed memang dibuat untuk memudahkan kita dalam bersosialisasi, misalnya untuk chatting dengan teman dan nge-post atau sharing gambar aktivitas sehari-hari.

Jangan Biarkan Social Media Membuat Kita AnsosAkan tetapi ternyata kebiasaan berinteraksi via socmed ini memiliki efek samping. Coba perhatikan jika kita pergi hang out dengan teman atau keluarga, berapa banyak dari kita yang benar-benar ngobrol secara langsung tanpa menundukan kepala dan fokus dengan ponsel masing-masing? Ya, jangan mau terkecoh dengan kecanggihan smartphone sehingga kita melewatkan quality time yang seharusnya digunakan untuk berinteraksi langsung dan menghargai orang yang berada dihadapan kita dan bukan malah sibuk scrolling Instagram atau update Path. Bingung gimana cara mengurangi kebiasaan ini? Simak saja tips di bawah yang perlu kita lakukan agar tidak terbuai dengan kecanggihan socmed.

  • Momen Terbaik Tidak Harus di-Update

Percaya tidak kalau momen terbaik dalam hidup kita yaitu momen yang justru tidak kita post di socmed? Logikanya, jika kita benar-benar menikmati suatu momen, kita akan fokus dengan momen tersebut sampai-sampai tidak mempedulikan smartphone untuk mengabadikan atau menyebarkan momen tersebut via socmed.

  • Kunjungi Kafe Tanpa Wi-fi

Sekarang ini sepertinya wi-fi menjadi elemen wajib yang harus terdapat di kafe-kafe. Memang banyak yang menggunakan kafe sebagai tempat untuk nugas atau mengerjakan skripsi sehingga mereka menyediakan fasilitas internet seperti wi-fi. Namun jika kita berniat bertemu dan mengobrol dengan teman-teman, kunjungi saja kafe yang tidak menyediakan wi-fi sehingga kita tidak tergiur untuk terus menerus menggunakan internet untuk bermain social media.

  • Install Aplikasi Social Media Seperlunya

Socmed tentunya hadir dengan beragam aplikasi. Ada Path, Instagram, Facebook, Snapchat, dan masih banyak lainnya. Agar kita tidak keranjingan dengan socmed, lebih baik jangan install terlalu banyak aplikasi socmed di ponsel.

  • Isi Waktu Luang dengan Baca Buku

Biasanya apa sih yang kita lakukan di saat waktu luang? Biasanya mungkin kita update sedang mendengarkan lagu apa di Path atau posting selfie di Instagram. Ubahlah kebiasaan bermain socmed di waktu luang ini dengan membaca buku sehingga perlahan-lahan kita bisa mengurangi ketagihan membuka socmed ini dengan hal yang lebih bermanfaat.

Jangan biarkan social media justru membuat kita menjadi anti-sosial ya! (Rima)