Data Center Bali untuk Mendukung Kegiatan Bisnis di Bali

Apa yang terpikirkan pertama kali ketika mendengar kata Bali? Biasanya orang akan menjawabnya dengan budaya yang kental, pantai yang indah, berbagai pura sebagai tempat wisata, dan berbagai hal yang terkait dengan wisata. Hal ini wajar saja, mengingat Bali adalah salah satu tempat wisata paling terkenal di Indonesia. Meskipun begitu, sebenarnya Bali tidak hanya menjadi daerah wisata saja loh. Pulau ini ternyata juga dijadikan sebagai salah satu daerah bisnis yang cukup berkembang. Hal ini terbukti dengan semakin banyaknya perusahaan yang tertarik membuka cabang data center Bali.

Banyak provider data center ini yang merasa, bahwa Bali memiliki potensi pertumbuhan bisnis yang akan berkembang dengan cepat di masa mendatang. Untuk mendukung perkembangan bisnis inilah, provider data center menawarkan layanannya pada perusahaan yang ingin melebarkan sistemnya dengan cara yang efisien. Dengan menggunakan jasa data center ini, maka perusahaan akan dapat melakukan penghematan pengeluaran di bidang IT.Data Center Bali untuk Mendukung Kegiatan Bisnis di Bali

Mengapa demikian? Bagaimana data center Bali bisa meningkatkan efisiensi perusahaan?

Jawabannya sudah jelas, karena perusahaan tidak perlu melakukan berbagai maintenance pada beberapa layanan IT dan juga tidak perlu membeli berbagai perangkat baru untuk servernya (tergantung jenis layanan yang diambil). Karena, seluruh layanan ini akan menjadi tanggung jawab pihak penyedia layanan, atau provider.

Pada dasarnya, layanan dan sistem kerja yang ditawarkan oleh provider data center Bali tidak berbeda dengan data center di daerah lain, seperti Jakarta. Bahkan, beberapa provider data center memberikan fasilitas proses recovery yang cepat saat terjadi suatu masalah dengan data center miliknya yang berada di Bali. Salah satu caranya yaitu, dengan mengoneksikan data center yang ada di Bali dengan data center miliknya yang berada di daerah lain, dengan begitu maka data akan dapat di recovery dengan cepat saat salah satu cabang mengalami masalah.

Fasilitas data center yang terkoneksi ini memang akan mengamankan data untuk proses recovery, namun terkadang perusahaan klien merasa ragu dengan keamanan data yang mereka simpan. Untuk mengatasi masalah ini, ada baiknya jika kita sebagai klien memperhatikan reputasi provider sebelum memutuskan untuk menggunakan jasanya. (Vita)