Ketika Ponsel Anda Hilang

Ponsel merupakan benda elektronik yang sangat penting fungsinya dalam kehidupan sehari-hari Anda. Bahkan, tidak bisa disangkal, ponsel adalah benda yang sangat mengenal diri Anda—melebihi kerabat terdekat Anda. Ponsel mengetahui semua jejak-jejak yang Anda tinggal di dalamnya, mulai dari semua password akun sosial media, history browsing Anda, apa yang menjadi kesukaan Anda, apa yang biasa Anda lakukan dengan ponsel, menyimpan semua momen-momen dalam foto, dan menyimpan data perbankan Anda (seperti jejak perbelanjaan terakhir, promo Internet Banking apa yang baru Anda lakukan, hingga toko online apa yang menjadi favorit Anda).Ketika Ponsel Anda Hilang

Lantas, apa jadinya jika ponsel Anda hilang? Membayangkan bahwa seluruh data pribadi Anda jatuh ke tangan yang salah tentunya menyeramkan sekali, kan? Untuk itu, rasanya Anda perlu mengetahui beberapa hal di bawah ini untuk mengamankan ponsel Anda.

  1. Aktifkan fitur Android Device Manager di ponsel Anda. Caranya adalah dengan membuka menu Setting, pilih opsi General, kemudian Security, dan klik Phone Administrator untuk mengaktifkan Android Device Manager. Kenapa Anda harus mengaktifkan fitur ini? Pasalnya, Android Device Manager merupakan pengamanan awal yang bisa Anda lakukan untuk mengantisipasi ketika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.
  2. Ketika pada suatu saat ponsel Anda hilang, segera akses akun Google yang digunakan pada perangkat Android Anda. Langsung log in via laptop atau PC dan lakukan pelacakan sederhana dari laptop untuk menemukan di mana ponsel Anda berada. Inilah mengapa Anda harus mengaktifkan fitur ADM di ponsel. Jika fitur ADM tidak aktif, maka Anda tidak bisa melacak ponsel Anda.Bagaimana untuk melihat lokasi ponsel Anda? Cari menu Recent Activity dan pilih Find Your Android Devices. Dari sini, Anda bisa melihat di manakah lokasi ponsel Anda saat ini. Jika Anda berniat untuk menyambangi lokasi, ajaknya beberapa orang kerabat atau aparat keamanan untuk melindungi dan mem-back up
  3. Tidak bisa melihat Recent Activity karena GPS di ponsel Anda mati? Langsung kunci Android Anda dari pengaturan di akun Google dan bunyikan alarm ponsel dari jarak jauh. Apakah ini berfungsi? Jawabannya adalah ya karena ponsel yang kini sudah jatuh ke tangan-tangan jahil akan langsung mengeluarkan bunyi kencang dan memancing perhatian orang di sekitar.
  4. Ponsel Anda sudah terlanjur dinonaktifkan oleh si pencuri? Maka, satu-satunya yang bisa Anda lakukan adalah dengan melakukan lock alias mengunci agar data-data di dalam ponsel Anda tidak jatuh ke tangan yang salah. Pasalnya, ponsel Anda penuh dengan data penting yang bisa saja dimanfaatkan oleh si pencuri, mulai dari foto-foto, akun sosial media milik Anda, hingga data-data akun perbankan Anda! Seram sekali, kan?
  5. Kalau Anda ingin menghilangkan semua data di dalam ponsel, Anda bisa memilih fitur Erase dan menghapus semua data yang tersisa di dalamnya. Ini merupakan pilihan yang sangat bijak.

Tetap berhati-hati dan perhatikan barang bawaan Anda, ya!