Tips Membeli Perangkat Elektronik Secara Online

Kegiatan berbelanja online kini semakin mudah karena sudah didukung dengan layanan pengiriman express yang bisa membuat kita mendapatkan barang pesanan kita dengan cepat dan instan. Ditambah lagi, kini beberapa toko online sudah terintegrasi dengan layanan aplikasi ojek online sehingga kita bisa mendapatkan pesanan kita dalam hitungan jam saja. Tidak ada lagi penantian panjang untuk menunggu barang pesanan tiba karena semuanya serba instan sekarang.

Segala Tips Membeli Perangkat Elektronik Secara Onlinekemudahan yang kita rasakan ini tentunya semakin membuat kita ‘percaya’ untuk membeli benda-benda yang lebih tinggi harganya. Jika dulu kita hanya sebatas membeli buku, pakaian, atau sepatu saja di toko online, kini pembelanjaan kita sudah merambah ke perangkat elektronik. Entah itu kamera, ponsel, bahkan laptop.  Harga yang ditawarkan terkadang memang lebih miring daripada di toko dan itulah yang membuat kita tergoda untuk berbelanja. Eits, jangan lupakan beberapa hal di bawah ini supaya kita tidak terkecoh ketika berbelanja online!

  1. Trusted seller. Sering mendengar kata ini? Ya, dua kata ini merupakan jenis kata yang sering ‘dijual’ oleh para pemilik toko online untuk menjadi identitas mereka di dunia maya. Inilah status yang pertama kali harus dicek untuk menentukan apakah si penjual benar-benar trusted seller atau hanya akal-akalan untuk menarik banyak pembeli? Cara untuk mengeceknya adalah dengan melihat sepak terjang toko tersebut di dunia maya dan seperti apakah reputasinya. Kita juga melihat review dari para pembeli yang sebelumnya pernah bertransaksi dengan mereka. Sebaiknya, pilih toko online yang sudah memiliki nama besar dan reputasi baik,
  2. Cari tahu sistem garansi dan pengembalian produknya. Apakah toko online tersebut memfasilitasi sistem garansi dan pengembalian produk jika benda yang kita beli ternyata rusak? Periksa juga seperti apa garansi yang ditawarkan, seperti garansi toko ataukah garansi dari produk. Ini penting sebab kita tidak pernah bagaimana kondisi barang elektronik yang akan dikirimkan kepada kita.
  3. Untuk meminimalisir penipuan, jika toko online tersebut memiliki sistem pembayaran COD atau cash on demand, lebih baik pilih pembayaran itu saja. Sistem pembayaran COD memungkinkan kita untuk mengecek kondisi barang terlebih dahulu dan membayarnya ketika kita sudah yakin dengan kondisinya.

Semoga tiga hal di atas bisa membantumu yang ingin belanja perangkat elektronik secara online. (Tr)