Aman Bertrantraksi Dengan Internet Banking

Semakin banyak jumlah bank yang terdapat di Indonesia, tentu akan membuat semakin tingginya persaingan di antara bank-bank tersebut. Hal ini juga akan membuat semakin banyak fasilitas yang diberikan oleh bank-bank yang beredar di Indonesia salah satunya memberikan promo internet banking. Bagi masyarakat yang tidak mengerti apa-apa mengenai cara melakukan transaksi melalui Internet Banking, maka mereka akan memilih melakukan transaksi secara langsung dan mendatangi Bank terdekat. Namun, bagi sebagian masyarakat yang memiliki banyak aktivitas dan kesibukan, sudah pasti tidak akan bisa mendatangi Bank setiap waktu dan lebih memilih bertransaksi melalui Internet Banking.Aman Bertrantraksi Dengan Internet Banking

Melakukan transaksi melalui Internet Banking terkadang membuat masyarakat sedikit khawatir. Kenapa? Hal ini disebabkan adanya resiko pembobolan dana atau data yang bisa terjadi kapanpun dan akan menimbulkan kerugian. Nah, untuk mengatasi resiko pembobolan dan kerugian, alangkah baiknya Anda memperhatikan beberapa tips aman bertransaksi dengan internet banking di bawah ini:

  1. Penyimpanan PIN. Anda wajib menyimpan PIN Anda baik-baik. Jangan pernah memberikan PIN Anda kepada orang lain. Apalagi lewat pesan tertulis seperti e-mail atau surat. Anda tidak mau kan nantinya orang lain membobol data atau dana Anda.
  2. Pastikan Alamat Situs Anda Benar. Ketika Anda akan melakukan transaksi, pastikan selalu memasukkan alamat situs bank Anda secara lengkap. Untuk meyakinkan kembali, periksa ulang apakah URL (Uniform Resource Locator) yang Anda ketikkan pada kolom address sudah benar.
  3. Waspadai Penawaran Online. Jangan mudah percaya kepada penawaran perbankan yang dikirim via e-mail. Jika Anda menerima e-mail yang berisi penawaran atau permintaan dari bank, jangan langsung dibalas. Cara ini bisa jadi merupakan salah satu kedok kejahatan. Jangan pernah memberikan informasi bila ada yang meminta Anda menginformasikan ulang data pribadi lewat e-mail.
  4. Simpan Call Center. Pastikan Anda menyimpan nomor hotline bank Anda. Jangan ragu untuk bertanya jika Anda bingung dalam bertransaksi.
  5. Hindari Public Area. Jangan pernah menggunakan public area untuk bertransaksi menggunakan internet banking, misalnya tempat-tempat umum seperti warnet atau hotspot area. Gunakan perangkat-perangkat komunikasi data pribadi untuk keperluan internet banking seperti handphone, modem ataupun dedicated line.
  6. Hapus Jejak Aktivitas Transaksi. Jangan lupa untuk selalu ‘menghapus jejak’ setelah Anda melakukan transaksi-transaksi perbankan di local computer Anda, seperti misalnya cookies dan history melalui menu tool->clear private data pada browser Anda.

Itulah beberapa hal yang harus Anda perhatikan terlebih dahulu, sebelum Anda bertransaksi dengan internet Banking.    –Sh–