Mengurangi Debu di Dalam Rumah

Semua orang, terutama ibu rumah tangga, pastinya pernah merasakan perasaan kesal ketika menemukan meja ruang tamu mereka ditutupi debu. Dan bukan hanya itu saja, debu seolah menempel di setiap furnitur rumah. Padahal, rasanya Anda sering membersihkan bagian dalam rumah, namun kenapa debu itu masih ada di sana, ya? Keberadaan debu ini selain membuat tampilan ruang tamu menjadi tidak estetis, membuat anggota keluarga rentan terhadap penyakit. Nah, untuk mengurangi debu di rumah, simak cara-cara berikut ini, yuk!

  1. Keset di depan rumah. Debu juga bisa masuk rumah dengan dibawa oleh anggota keluarga yang baru bepergian dari luar. Untuk itu, terapkan kebiasaan untuk membersihkan kaki di depan rumah dengan meletakkan keset. Biasakan setiap anggota rumah untuk membersikan kaki di keset setelah melepas sepatu dan juga sandal. Dengan begitu, ketika mereka masuk rumah, debu-debu dari luar sudah menempel di keset dan tidak terbawa masuk ke dalam rumah.Mengurangi Debu di Dalam Rumah
  2. Rajin mengelap koleksi di ruang tamu. Ruang tamu biasanya dipenuhi dengan furnitur sekaligus pernak-pernik pajangan. Nah, biasanya, debu akan dengan senang hati menempel pada pajangan jika Anda tidak sering membersihkannya. Cara membersihkan pajangan yang paling tepat adalah dengan lap basah dibanding dengan kemoceng. Sebab, ketika membersihkan dengan kemoceng, debu yang menempel bisa kembali lagi ketika disulak. Jika membersihkannya dengan lap basah, debu yang menempel bisa terangkat sepenuhnya.
  3. Rajin menyedot debu di karpet. Meski tidak terlihat kotor, bukan berarti karpet yang ada di ruang tamu ini benar-benar bersih, lho. Faktanya, debu sering menempel di atas karpet dan menumpuk dalam jangka waktu yang lama karena tidak pernah dibersihkan. Akibatnya, ketika ada anggota keluarga yang duduk-duduk atau tidur di atas karpet, debu bisa saja terhisap sehingga menimbulkan alergi. Untuk itu, rajin-rajinlah menyedot debu di karpet setidaknya seminggu sekali.
  4. Pasang Air Purifier atau pemurni udara. Alat ini mampu membantu menyaring partikel kecil di udara seperti debu contohnya untuk mencegah gejala alergi dan asma untuk setiap anggota keluarga. Pemurni udara ini bisa dipasang di ruang tamu atau di kamar tidur untuk menjaga udara dari debu dan membuat suasana di ruangan menjadi lebih segar.

Itu dia tips yang bisa Anda coba di rumah. Semoga membantu, ya!