Mengapa Menggunakan Colocation?

Setiap perusahaan dalam skala besar ataupun kecil pasti akan membutuhkan tempat penyimpanan data atau Data Center. Karena itulah, penyedia layanan data center menyediakan jasa ini dalam berbagai ukuran, kapasitas, dan layanan. Salah satu jenis layanan yang paling populer adalah Colocation. Colocation adalah jenis penyimpanan data yang menyimpan data di suatu tempat diluar lokasi perusahaan klien. Colocation Indonesia bersamaan dengan negara lain mulai mengalami peningkatan peminat. Mengapa demikian? Berikut ini beberapa faktor yang mempengaruhi hal tersebut .Mengapa Menggunakan Colocation?

  • Hemat dalam biaya pembangunan dan perawatan. Colocation memiliki data center yang disimpan di bangunan yang dibangun dan dikelola oleh perusahaan penyedia layanan tsb. Dengan ini, klien tak perlu lagi membangun data centernya sendiri, cukup membayar biaya sewa. Biaya perawatan pun relatif lebih rendah dibanding biaya perawatan data center yang dikelola sendiri.
  • Uptime yang hampir 100%. Uptime adalah waktu online server, data hanya dapat diakses pada waktu ini. Uptime untuk colocation memiliki tingkat persentasi yang tinggi dikarenakan fasilitas infrastruktur yang memang dibangun khusus untuk mendukung akses dan kekuatan server.
  • Siap di upgrade kapanpun. Colocation menyimpan server nya di tempat yang sama dengan perusahaan penyedia layanannya, dengan ini, upgrade dapat dilakukan kapanpun. Upgrade koneksi maupun kapasitas.
  • Bantuan klien yang siaga 24 jam. Dengan alasan yang sama di atas, colocation juga memiliki layanan bantuan klien yang dapat dihubungi 24 jam. Customer service, hingga bantuan tekhnis selalu siap siaga di lokasi yang sama dengan tempat penyimpanan data, sehingga segala kerusakan atau gangguan dapat diatasi dengan lebih responsif.
  • Kapasitas dapat disesuaikan kebutuhan. Colocation dapat menyesuaikan kapasitas sesuai dengan kebutuhan klien. Dengan ini, klien dapat menggunakan budgetnya dengan lebih efisien dengan menyewa tempat penyimpanan data sesuai yang dibutuhkan, tidak lebih.

Tingkat keamanan yang dapat diandalkan. Pada dasarnya colocation adalah sebuah  bank, bank data. Dan sama dengan bank uang, perusahaan penyedia layanan ini sangat memperhatikan dan bahkan mengutamakan keamanan datanya. Sekuriti yang tersedia 24 jam, CCTV, akses yang dibatasi, hingga pagar tinggi berkawat, lazim ditemukan di tempat penyimpanan data colocation. (RR)