Penyebab Koneksi Internet Rumah Lambat

Beberapa orang pasti pernah mengalami masalah ini. Sudah menggunakan provider internet rumah yang katanya koneksinya cepat, tapi ternyata justru sebaliknya. Jangankan digunakan untuk streaming video, baru dipakai untuk browsing saja kita harus sabar menanti. Tentunya, hal ini pasti membuat kita sebagai konsumen merasa kesal, atau bahkan tertipu oleh iklan provider tersebut.Penyebab Koneksi Internet Rumah Lambat

Eits,,, jangan asal menyalahkan provider yang kita gunakan, tapi ada baiknya jika kita memeriksa terlebih dahulu kondisi internet kita. Karena, ada beberapa hal yang menjadi penyebab koneksi internet rumah lambat dan hal tersebut bukanlah secara langsung kesalahan provider.

  • Jaringan provider

Sebagian besar provider untuk internet rumah menggunakan kabel untuk mentransfer datanya, baik itu coaxial cable maupun fiber optic. Sebelum memutuskan untuk memilih sebuah provider, akan lebih baik jika kita memastikan terlebih dahulu jenis kabel yang digunakan oleh provider. Jika yang digunakan adalah fiber, maka kita boleh saja berharap akan mendapatkan koneksi yang cepat. Namun, jika kita memilih provider yang masih menggunakan coaxial cable, maka koneksi yang kita dapatkan akan lebih lemah.

  • Router

Router ini meliputi jenis router yang kita gunakan, lokasi penempatan router, dan setting pada router. Jika kita menggunakan router yang memiliki kualitas cukup baik, maka koneksi internet yang akan kita dapatkan tentulah akan lebih baik. Selain itu, penempatan router ini juga akan sangat penting, untuk internet jenis Wi-fi yang bisa dinikmati oleh banyak orang sekaligus. Selain itu, pastikan bahwa pengaturan router sudah sesuai dengan yang dibutuhkan.

  • Jumlah pengguna

Untuk internet yang memberikan fasilitas Wi-fi, tentunya akan mengijinkan koneksi tersebut digunakan oleh beberapa orang sekaligus. Namun, yang harus diingat adalah semakin banyak penggunanya maka akan semakin lambat juga koneksi internetnya. Karena itulah, sebaiknya jangan menggunakannya secara bersamaan agar koneksi internet tetap stabil.

  • Aplikasi pada Gadget

Ada beberapa aplikasi yang akan langsung bekerja menggunakan koneksi internet begitu terkoneksi ke jaringan. Misalnya saja seperti antivirus, atau update otomatis pada beberapa aplikasi. Hal ini tentunya akan membuat koneksi internet menjadi lambat. (Vita)