Data Center dan Cloud, Apa Bedanya?

Data center dan cloud seperti hybrid cloud,  adalah teknologi yang banyak dimanfaatkan oleh perusahaan saat ini. Meskipun begitu, ternyata masih cukup banyak orang yang salah paham dan mengira bahwa kedua produk ini adalah sama. Sebab, keduanya digunakan sebagai tempat penyimpanan data. Padahal, sebenarnya kedua produk ini memiliki perbedaan besar, loh. Ketidakpahaman mengenai apa itu cloud dan apa itu data centerlah yang membuat mereka salah paham.hybrid cloud

Nah, supaya kamu lebih paham, langsung saja yuk kita bahas!

  • Data center

Sebuah tempat penyimpanan data. Kamu bisa menyebut data center sebagai gudang data atau pusat data, karena tempat ini memang sebuah ruangan khusus seperti layaknya gudang yang digunakan untuk menyimpan berbagai perangkat pendukung. Perangkat yang dimaksud adalah komputer dan berbagai perangkat lainnya yang berisikan data dari user. Untuk membuat sebuah data center, tidak boleh sembarangan karena harus memenuhi persyaratan khusus. Seperti aman dari risiko musibah bencana alam, aman dari risiko pencurian data, memiliki suhu yang tepat karena server akan sangat panas sekali. Selain itu, untuk pemasangan infrastruktur IT nya sendiri harus didampingi oleh konsultan data center.

Pengaksesan data yang ada pada data center menggunakan sebuah jaringan khusus dan tidak selalu terkoneksi dengan internet. Selain itu, user data center juga harus memiliki kemampuan IT untuk memanage data yang tersimpan dalam data center tersebut.

  • Cloud

Cloud adalah teknologi penyimpanan data melalui media online dan memanfaatkan jaringan internet. Untuk melakukan penyimpanan data, kamu hanya perlu membuka situs dari provider cloud yang kamu pilih. Kemudian membuat akun, dan kamu sudah bisa menyimpan data di dalam cloud storage. Kamu bisa memilih layanan yang gratis, ataupun berbayar. Perbedaannya adalah kuota yang diberikan padamu untuk bisa menyimpan data.

Meskipun keduanya berbeda, sebenarnya data center dan cloud saling berhubungan. Sebab, cloud akan membutuhkan data center sebagai lokasi fisik penyimpanan datanya. Hanya saja, user dari cloud tidak perlu mengetahui di mana lokasi penyimpanan fisik dari data yang disimpannya. Untuk mengamankan data milik user cloud, seringkali cloud akan menyimpan data tersebut di beberapa data center dan salah satunya adalah data center yang terdekat dengan lokasi user. (Vita)