Cara Membersihkan Saxophone Yang Benar

Meski peminatnya semakin berkurang seiring kepopuleran gitar dan alat musik lain yang terus meningkat, saxophone tetap memiliki tempat tak tergantikan di dunia musik, terutama untuk genre musik Jazz. Banyak pemusik internasional, seperti Stan Getz dan Kenny G, yang telah menorehkan namanya pada sejarah dunia dengan kemampuannya bermain saxophone. Namun, selain kemampuan Cara Membersihkan Saxophone Yang Benarmereka yang tinggi, saxophone mereka pun berkualitas tinggi dan sangat terawat dengan baik, bahkan Stan Getz yang merupakan salah satu legenda Jazz dan Bosas sering merawat dan membersihkan saxophonenya sendiri. Untuk merawat dan membersihkan saxophone Anda sendiri, Anda tak perlu membeli peralatan-peralatan pembersih khusus pada Toko Alat Musik, berikut ini langkah-langkah untuk membersihkan saxophone Anda dengan perlengkapan yang dapat Anda temukan di rumah.

Pertama-tama, siapkan swab atau lap yang dapat menyerap air, tisu, sikat gigi bekas yang masih bersih, serta cairan pembersih. Pastikan bahwa cairan pembersih tidak menyebabkan karat atau perubahan warna pada bahan saxophone. Jika Anda tidak yakin, Anda dapat menggunakan air tanpa cairan pembersih.

  • Lepas seluruh bagian saxophone yang dapat dilepas, seperti mulut, sumbat, dan leher. Jika dirasa keras, tak perlu dilepas, untuk mencegah hal yang tidak diinginkan terjadi.
  • Gosok bagian luar mulut dan leher dengan lap/swab yang lembab, sementara gunakan sikat gigi bekas untuk membersihkan bagian dalam mulut saxophone. Setelah itu, bilas dengan air hangat.
  • Untuk sumbat, pastikan sumbat tidak terkena air, cukup lap dengan tisu atau lap kering. Jika ada, Anda bisa menggunakan pelembab khusus sumbat saxophone yang dijual terpisah di toko-toko alat musik. Gunakan pelembab sumbat hanya pada bagian sumbat yang besar dan jangan mengganggu bagian kecil berbusa yang terletak di bagian lain sumbat.
  • Lap bagian badan dengan lap lembab yang tak terlalu basah. Pastikan bahwa sela-sela saxophone terlap dengan baik. Kencangkan juga skrup-skrup yang dirasa kendur.

Setelah semua selesai, biarkan seluruh bagian mengering, namun jangan menjemurnya di bawah sinar matahari, biarkan seluruh bagian mengering sendiri atau gunakan kipas angin. Setelah semua bagian mengering, barulah pasang kembali seluruh bagian, dan simpan pada kopernya. (RR)