Beberapa Hal Penyebab Mobil Berkarat

Siapa sih yang mau penampilan mobil kesayangan jadi terlihat tidak menarik karena timbulnya karat? Mesin sudah dijaga dengan baik menggunakan oli mobil terbaik, tapi body bermasalah karena munculnya karat. Huh… Mengesalkan bukan? Rasanya, semahal dan semewah apapun mobil yang Beberapa Hal Penyebab Mobil Berkaratdimiliki, semua jadi hilang tak berbekas karena karat ini. Lebih terlihat seperti mobil tua yang tidak terurus.

Lalu, bagaimana sih cara mengatasi agar mobil tidak berkarat? Sebenarnya, karat ini tidak bisa dicegah seratus persen, karena ini adalah proses alami yang pasti terjadi pada material besi. Akan tetapi, dengan mengetahui beberapa hal yang menyebabkan munculnya karat ini, maka kamu bisa mengantisipasinya dan setidaknya memperlambat proses korosi yang menyebabkan munculnya karat.

  • Cuaca

Perubahan cuaca ekstrim yang berlangsung dalam waktu singkat dapat menyebabkan suhu menjadi tidak stabil, dan dapat menyebabkan kendaraan menjadi lembab. Misalnya, saat pagi dan siang hari sinar matahari bersinar dengan teriknya, dan pada sore hingga malam tiba-tiba hujan deras. Cuaca yang seperti ini sangat berpengaruh buruk pada mobil, dan dapat menyebabkan mobil mengalami proses korosi. Apalagi, jika mobil sering diparkir di luar sehingga terkena langsung perubahan cuaca ini.

  • Air

Jangan pernah mengira bahwa air adalah material yang aman dan tidak berbahaya bagi mobil. Sebab, ada beberapa jenis air yang sangat berbahaya dan dapat mempercepat terjadinya proses korosi, antara lain air laut, air hujan, air tanah, dan berbagai jenis air yang mengandung beberapa jenis zat kimia berbahaya.  Saat air sudah masuk ke dalam mesin, suara mesin akan berubah. Oleh sebab itu, para memilik mobil harus bisa mengenali suara yang muncul dari Mobil.

  • Goresan

Namanya juga kendaraan yang digunakan di jalanan, tidak menutup kemungkinan suatu saat body mobil akan tergores. Yah, meskipun kamu mungkin sudah sangat berhati-hati dalam mengendarainya, namun munculnya goresan tetap saja sulit dihindari. Sebab, terlalu banyak hal yang bisa menyebabkan hal ini. Lebih parah lagi, jika goresan cukup dalam dan hingga memperlihatkan besi body mobil, ini bisa menjadi awal mula penyebab timbulnya karat.

Untuk poin pertama dan poin kedua, mencuci mobil secara rutin bisa menjadi jalan keluar untuk mengatasinya. Namun, jangan mencuci mobil secara berlebihan juga ya, karena tidak baik juga untuk mobil jika dicuci terlalu sering. Sementara, untuk poin ketiga, kamu bisa mengatasinya dengan melakukan cat ulang pada body mobil. Atau, kamu bisa memasang stiker untuk menutupi goresan agar tidak ada udara yang masuk ke dalam goresan tersebut.

Semoga informasi tersebut bermanfaat ya. (Vita)