Merawat Alat Musik Saxophone

Setelah memilih saxophone yang tepat untuk pemula, langkah selanjutnya yaitu belajar bagaimana cara merawatnya. Perawatan alat musik ini bisa dibilang tidaklah mudah, karena tidak hanya perlu tahu cara membersihkan Saxophone dengan benar saja, tetapi juga harus tahu perawtan Merawat Alat Musik Saxophonemenggunakan beberapa jenis minyak khusus. Namun kamu nggak perlu khawatir, karena beberapa toko alat musik menyediakannya kok. Bahkan, toko yang sudah profesional biasanya akan memberimu informasi standar juga tentang bagaimana cara merawat alat musik ini.

Meskipun begitu, mengingat informasi tersebut tentu bukan hal yang mudah, kan? Apalagi ketika kamu sedang senang-senangnya baru membeli saxophone impianmu, pasti yang ada dipikiranmu hayalah ingin segera pulang dan memainkannya. Padahal, informasi tersebut penting loh agar saxophone-mu awet. Eits, jangan keburu panik dulu. Sebab, artikel ini akan memberikanmu informasi mengenai cara merawat alat musik saxophone, yaitu:

  • Perhatikan kebersihan saxophone setiap kali habis dimainkan. Pertama, periksa setiap notnya dan bersihkan dari bekas keringat yang mungkin menempel pada saat alat ini dimainkan. Caranya, yaitu menggunakan kertas minyak yang diselipkan di setiap not agar seluruh minyak dan air yang mungkin ada disana dapat terserap. Lakukan berulang kali hingga dirasa benar-benar sudah kering.
  • Lap seluruh body alat ini dan gunakan oil sax monster swab. Saat membersihkan, pastikan untuk menggunakan kain lap yang lembut, karena kain yang kasar dapat berisiko merusak lapisan alat musik ini. Untuk menjaga warna ilver pada saxophone, kamu bisa mengoleskan cairan silver polish ke seluruh body saxophone. Selain mempertahankan warna, hal ini juga bermanfaat untuk membuat alat musik ini terlihat selalu bersih.
  • Bersihkan bagian neck menggunakan oil sax neck brush dan bagian tone hole neck menggunakan oil tone hole cleaner. Bersihkan kedua bagian tersebut secara perlahan dan pastikan sudah benar-benar bersih.
  • Saxophone adalah alat musik tiup, artinya bagian mouthpiece kemungkinan besar akan kotor terkena air liaur saat dimainkan. Jadi, jangan pernah lupa untuk melakukan pembersihan pada bagian ini sebelum disimpan ya.

Pastikan kamu menyimpan alat musik ini ditempat yang aman. Maksudnya, memiliki suhu kering dan tidak lembab, dan pastikan aman dari risiko adanya benturan. Sebab, alat musik ini sangat senstif terhadap benturan. (Vita)