Rawat Biola dengan Cara yang Tepat

Bagi seorang pemain biola profesional, mungkin memiliki lebih dari satu biola sudah menjadi hal yang umum. Apalagi, dengan tersedianya beragam jenis biola di toko alat musik yang memiliki beberapa karakteristik berbeda. Sementara, untuk pemain biola yang masih pemula, meskipun hanya memiliki satu buah biola, namun penggunaannya biasanya tidak sesering pemain profesional yang harus berlatih secara intensif.Rawat Biola dengan Cara yang Tepat

Dengan adanya dua kondisi tersebut, berarti baik pemain biola profesional maupun pemain biola pemula tetap saja harus tahu bagaimana cara merawat dan menyimpan alat musik ini. Agar, biola mereka selalu dalam kondisi siap kapanpun mereka ingin menggunakannya. Nah, untuk kamu yang mungkin belum tahu bagaimana cara merawatnya, berikut ini adalah beberapa diantaranya:

  • Kelembaban

Perhatikan kelembaban tempat kamu menyimpan biola. Jangan tempatkan biola di tempat yang terlalu kering, karena dapat membuat sambungan pada biola menjadi mudah retak. Namun, jangan juga menyimpan biola dilokasi yang terlalu lembab, karena kelembaban yang terlalu tinggi dapat membuatnya berjamur.

  • Bow

Saat menggunakan biola, jangan lupa untuk mengencangkan bulu pada bow terlebih dahulu. Tidak hanya itu saja, kamu juga harus melapisi bow dengan raisin. Raisin ini berfungsi untuk menjaga agar bow terasa kesat, sehingga suara yang dihasilkan saat bow digesekkan dengan senar dapat terdengar bagus. Tidak perlu ragu melapisi bow dengan raisin dalam jumlah cukup banyak. Namun, jangan berlebihan juga, karena dapat membuat suara yang dihasilkan menjadi terlalu berat.

  • Kebersihan

Sebelum menyimpan biola, pastikan biola sudah dalam kondisi bersih. Bersihkan body biola dengan kain untuk memastikan tidak ada sisa keringat dari tangan kita yang menempel pada body saat memainkan biola. Selain itu, jangan lupa untuk membersihkan bulu bow dan senar dari raisin. Cara membersihkannya, kamu bisa menggunakan kain yang cukup lembut. Sebaiknya, hindari menyentuk bulu bow langsung dengan tangan, karena keringat pada tangan dapat merusak kualitas bulu bow dan berpengaruh pada suara yang dihasilkan.

Selain ketiga cara di atas, kamu juga perlu untuk kembali mengendurkan bulu bow dan senar biola sebelum menyimpannya. Agar, keduanya tidak mudah putus. Memang sih, memainkan alat musik dalam bentuk sebenarnya seperti merawat biola ini bisa dibilang tidak mudah. Berbeda jika kita memainkan alat musik bia aplikasi android, seperti aplikasi untuk DJ di Android atau aplikasi lain untuk memainkan beragam alat musik. Namun, sensasi yang kamu rasakan saaat benar-benar menyentuh dan memainkan alat musik ini tentunya akan berbeda dengan bermain di smartphone. Jadi, selamat merawat biola kesayanganmu. (Vita)