Cara Membersihkan Mesin Cuci di Rumah

Mesin cuci merupakan salah satu alat rumah tangga yang hampir selalu ada di setiap rumah. Pasalnya, masyarakat sekarang ini tidak lagi mencuci pakaian secara manual; mesin ini menjadi pilihan karena dapat menghemat waktu dan juga lebih bersih dengan tidak mengeluarkan banyak tenaga. Memang sih masih banyak masyarakat yang memilih untuk mencuci secara manual, tetapi masyarakat urban yang tinggal di hunian alam sutera atau pinggiran Jakarta pasti memilih menggunakan mesin cuci karena kesibukan harian mereka.Cara Membersihkan Mesin Cuci di Rumah

Mengingat mesin ini selalu digunakan secara konsisten, untuk merawat agar tetap awet tentunya membutuhkan strategi. Berikut adalah bagaimana cara merawat mesin cuci dan menjaganya tetap bersih. Bahan yang dibutuhkan pun sangat sederhana dan mudah ditemukan di mana saja. Tinggal siapkan cuka, baking soda, sikat gigi bekas, dan juga kain bersih. Setelah bahan dan alat sudah disiapkan, kini saatnya mulai membersihkan mesin cuci.

  1. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengisi bak mesin cuci dengan air hingga setengahnya. Kemudian, tuangkan pemutih dan juga baking soda secukupnya.
  2. Tutup dan biarkan air yang sudah tercampur dengan pemutih serta baking soda selama kurang lebih satu jam.
  3. Sambil menunggu air rendaman di dalam mesin cuci, bersihkan permukaan mesin cuci bagian luar.
  4. Gunakan lap bersih untuk menghapus noda-noda jamur yang muncul karena terlalu sering terkena air hingga kering dengan sendirinya. Jika tidak mempan terhapus dengan lap bersih, gunakan sedikit pemutih untuk menghilangkan nodanya.
  5. Untuk bagian yang sulit dijamah dengan lap bersih, kita bisa menggunakan sikat gigi bekas.
  6. Jika sudah satu jam, jalankan mesin cuci untuk memutar campuran air yang ada di dalamnya selama beberapa menit lalu buang airnya.
  7. Sikat perlahan bagian dalam mesin cuci hingga bersih.
  8. Ketika bagian dalam mesin cuci sudah disikat merata, bilas dengan air bersih untuk menghilangkan bekas-bekasnya.
  9. Terakhir, keringkan dengan lap bersih.

Itu dia beberapa langkah yang bisa dicoba untuk membersihkan mesin cuci di rumah kita. Silakan dicoba dan semoga membantu, ya!