Yuk Rawat Sepeda MTB dengan Baik

Bersepeda merupakan aktifitas olahraga yang tengah populer saat ini. Karena selain dapat membuat tubuh fit, kita juga dapat merelaksasi pikiran dengan menikmati pemandangan sekitar. Namun, agar kegiatan bersepeda ini tidak terkendala masalah apapun kita harus tetap merawat dan menjaga sepeda MTB yang kita gunakan. Berikut ini beberapa tips untuk menjaga dan merawat sepeda agar tetap kuat.Yuk Rawat Sepeda MTB dengan Baik

  • Bersihkan sepeda secara rutin.

Bersihkan dalam jangka waktu setidaknya satu kali setiap beberapa hari, dan juga bersihkan ban setiap sehabis digunakan. Tanah atau debu yang menempel pada ban dapat menempel dan mengeras hingga merusak ban jika dibiarkan lama-lama. Pembersihan dapat dilakukan dengan air dan sabun, dan juga lap atau spons, setelah selesai dibersihkan, jangan biarkan basah terlalu lama dan segera lap dengan lap kering. Untuk rantai dan ban, kita bisa menggunakan sikat atau sikat gigi yang tak terpakai.

  • Pastikan rem berfungsi.

Pastikan jika rem dapat berfungsi dengan baik sebelum menggunakan sepeda. Anda bisa melakukan hal ini dengan memiringkan sepeda dan memutarkan ban dengan tangan. Segera bawa sepeda ke tukang reparasi dengan menggunakan mobil jika terdapat masalah pada rem.

  • Cek kedua ban.

Ukur takaran angin pada kedua ban dengan pengukur angin, atau bisa juga dengan memencet ban dengan tangan. Pastikan ban tidak kekurangan angin ataupun bocor, namun ban yang terlalu penuh dengan angin juga tidak baik.

Pada langkah ini, Anda juga dapat mengecek kekuatan roda dan jari-jari roda. Gunakan tang atau semacamnya untuk membunyikan jari-jari. Pastikan jari-jari tidak longgar dan masih terpasang pada roda dengan baik.

  • Cek rantai.

Hal ini dapat dilakukan dengan membalikan sepeda. Dengan memposisikan sepeda secara terbalik, Anda dapat mempermudah pengecekan rantai. Putar pedal, dan perhatikan bunyi yang dihasilkan oleh rantai, jika terdapat bunyi yang aneh, atau jika dikira rantai tidak terlalu kencang, periksa rantai dengan seksama dan pastikan kekuatan rantai. Setelah selesai, berikan oli khusus rantai secara menyeluruh. (RR)