Internet Stabil dengan Fiber Internet

Demi memenuhi kebutuhan informasi banyak orang, banyak perusahaan penyedia layanan internet, (atau provider internet) yang menyediakan lebih dari satu layanan. Dial-up dan internet kabel merupakan jenis koneksi yang cukup banyak digunakan, namun saat ini mulai tergeser oleh inovasi baru yang memberikan kecepatan dan kestabilan yang lebih baik, yaitu kabel Fiber. Fiber Internet memiliki kecepatan dan kestabilan tertinggi dibanding banyak jenis koneksi lainnya, mengapa demikian?Internet Stabil dengan Fiber Internet

Kebanyakan jenis koneksi internet masih menggunakan kabel tembaga yang biasa ditemukan pada kabel telefon dan tv, namun fiber berbeda. Kabel fiber menggunakan sejenis plastik atau kaca yang dibentuk hingga ke ketebalan yang hanya sedikit lebih tebal dari rambut manusia. Data atau informasi ditransfer dengan menembakan cahaya ke dalam kabel tersebut, cahaya yang berada di dalam kabel akan terus berjalan dengan memantul secara terus-menerus di dalam kabel. Data yang dibawa pada satu tembakan cahaya mampu membawa lebih banyak data dari yang dibawa dengan satu tembakan listrik pada kabel tembaga.

Selain itu, kabel fiber tidak mudah terkena gangguan. Material yang digunakan lebih kuat, dan tidak akan terganggu oleh getaran ataupun radiasi, gangguan medan magnetis juga tidak akan mengganggu kabel fiber karena kabel fiber tidak terbuat dari bahan besi atau metal. Kabel fiber juga tidak mudah disadap, sehingga lebih aman.

Berbeda dengan kabel tembaga, kabel fiber juga tidak membutuhkan banyak repeater. Repeater adalah alat yang mengulang data bagi kabel tembaga, meski kabel fiber juga membutuhkan benda ini, namun kuantitas yang dibutuhkan jauh lebih sedikit. Dan pemasangan kabel fiber juga lebih mudah dibanding kabel tembaga. Kabel tembaga berukuran lebih besar dan memiliki besi di dalamnya, sehingga agak sulit untuk diatur, pemasangan pun dapat memiliki potensi merusak kabel. Tidak demikian yang terjadi dengan kabel fiber, kabel fiber lebih elastis dan juga lebih kecil, kabel fiber juga tidak memiliki besi di dalam nya sehingga dapat disandingkan dengan kabel elektronik tanpa berpotensi mengalami gangguan. (RR)