Mengenal Berbagai Jenis Obeng

Diantara sekian banyaknya perkakas yang wajib dimiliki di rumah, obeng merupakan salah satunya. Untuk mendapatkan perkakas ini juga tergolong mudah, karena kamu hanya perlu pergi ke toko perkakas dekat rumah, dan kamupun bisa mendapatkan obeng yang kamu butuhkan. Akan tetapi, untuk kamu yang masih pemula mungkin terkadang kebingungan saat berada di toko ini, sebab terlalu banyak jenis obeng yang tersedia. Lalu, obeng mana yang harus kamu beli?

Nah, kalau kamu pernah mengalaminya, ada baiknya jika mencari informasi terlebih dahulu mengenai jenis obeng sebelum pergi ke toko perkakas. Nggak perlu jauh-jauh kok, sebab artikel ini akan membahasnya. Jadi, langsung saja ya.

  • Obeng pipih

Selain dinamakan obeng pipih, obeng ini juga sering disebut obeng minus. Sebab, bentuk ujungnya yang memang pipih atau menyerupai lambang minus (-). Obeng ini sering dimanfaatkan untuk membuka baut yang memiliki bentuk minus (pada ujung bautnya). Namun, sering juga digunakan untuk mencongkel sesuatu. Sebab, ujungnya yang pipih dan tipis sehingga mudah untuk diselipkan, sementara batang obengnya yang kokoh juga mendukung alat ini untuk mencongkel sesuatu.

obeng pipih

  • Obeng kembang

Jika obeng pipih disebut obeng minus, untuk obeng kembang ini disebut obeng plus. Alasannya sama, karena ujung obeng ini berbentuk seperti lambang plus (+). Obeng ini hanya memiliki satu fungsi, yaitu untuk mengencangkan baut atau skrup yang berbentuk kembang atau plus. Hanya saja, kamu perlu berhati-hati dalam memilih obeng ini, sebab ada banyak sekali ukuran. Dari mulai yang kecil sampai yang ukuran kembangnya cukup besar. Jadi, sebaiknya perhatikan baik-baik ukuran baut yang akan kamu gunakan saat ingin membeli obeng ini.

obeng kembang

  • Obeng tespen

Sebenarnya, fungsi obeng ini bukan untuk mengencangkan atau mengendurkan baut. Sebab itulah, banyak yang menganggap perkakas ini bukan termasuk obeng. Namun, tidak sedikit juga yang menyebutnya dengan obeng tespen dan memasukkannya ke dalam salah satu jenis obeng. Tahu kenapa? Alasannya, karena bentuknya yang memang menyerupai obeng pipih, hanya saja terdapat perbedaan pada fungsinya. Obeng ini berfungsi untuk memeriksa apakah benda yang ditempelkn dengan obeng ini masih memiliki aliran listrik atau tidak. Biasanya, ditandai dengan lampu yang menyala pada ujung (sisi atas) tespen.

obeng test pen

Jadi, siap untuk membeli obeng yang kamu butuhkan di toko perkakas terdekatmu? (Vita)