Lakukan Ini Saat Sedang Latihan Menyetir Mobil di Jalan Umum

Bisa menyetir mobil sendiri, pastinya menyenangkan. Asalkan punya mobil, kamu jadi bisa pergi kemanapun kamu mau tanpa bergantung pada oranglain. Pemikiran seperti inilah, yang membuat semakin banyak orang tertarik untuk belajar menyetir mobil. Ada yang memutuskan untuk mengikuti kursus menyetir, ataupun belajar sendiri dengan bantuan keluarga atau kerabat. Tidak perlu khawatir dengan risiko mobil mengalami masalah saat sedang beajar, karena asuransi mobil akan menanggung biaya perbaikannya.Lakukan Ini Saat Sedang Latihan Menyetir Mobil di Jalan Umum

Namun, meskipun begitu bukan berarti kamu bisa belajar menyetir dengan sembarangan loh. Sebab, orang yang baru belajar menyetir ini masih cenderung kurang waspada dan kurang responsive terhadap kondisi sekitar. Nah, untuk kamu yang masih belajar menyetir, sebaiknya lakukan beberapa hal ini saat menyetir di jalan umum (khususnya untuk yang belajar sendiri tanpa kursus):

  • Belajarlah di jalanan yang tidak terlalu ramai

Selalu menyetir di lokasi jalanan yang sepi tentunya tidak akan mengasah kemampuanmu menyetir. Akan tetapi, jika kamu menyetir langsung ke jalanan yang cukup ramai, tentunya akan sangat mengganggu. Hal ini disebabkan karena kecepatan orang yang sedang belajar biasanya akan konstan di kecepatan rendah. Tentunya, akan membuat orang disekitarnya merasa gemas karena mobilmu dianggap menghalangi mereka. Jadi, jika kamu ingin mencoba ke jalanan yang cukup ramai, sebaiknya pilihlah waktu dimana jalanan tersebut tidak terlalu banyak dilewati orang.

  • Berikan keterangan “Sedang Belajar”

Jika kamu masih benar-benar belajar, berikanlah keterangan berupa tulisan pada kaca belakang mobil. Hal ini bertujuan untuk menginformasikan orang disekitar kita agar lebih waspada, karena kamu masih belajar. Selain itu, kamu akan dimaklumi jika misalnya melakukan beberapa kesalahan. Misalnya menyetir terlalu lambat, agak kurang stabil, atau mesin mobil yang mati sendiri akibat kurang tepat dalam mengatur kopling.

  • Jangan nyalakan lampu hazard

Menyalakan lampu hazard saat sedang belajar sama dilarangnya seperti menyalakan lampu hazard saat sedang hujan deras. Ada beberapa alasan mengapa hal ini tidak boleh dilakukan. Pertama, orang disekitarmu akan bingung apakah mobil akan berbelok ataukah tetap lurus. Ditambah dengan caramu menyetir yang pastinya masih belum terampil, hal ini akan sangat berbahaya. Kedua, kamu bisa menjadi tidak terbiasa memanfaatkan lampu sein. Saat belajar, penting juga bagimu untuk membiasakan diri menggunakan seluruh instrumen mobil yang dibutuhkan. (Vita)