Jaminan Tambahan Untuk Melengkapi Asuransi Mobil

Kalau sudah menggunakan asuransi mobil jenis All Risk, banyak yang merasa bahwa tidak perlu khawatir lagi dengan berbagai risiko yang mungkin menimpa mobil. Sebab, semua kerugian financial pasti akan ditanggung oleh perusahaan asuransi. Namanya juga asuransi All Risk, atau semua risiko. Benar, gak?Asuransi Mobil

Namun, benarkah demikian? Tentu saja tidak. Sebab, jika semua risiko memang ditanggung oleh pihak asuransi maka pemilik mobil bisa seenaknya saja pada mobilnya, dan perusahaan asuransilah yang akhirnya mengalami kerugian. Misalnya saja, dengan berusaha meningkatkan tenaga mesin mobil namun dengan cara yang salah dan akhirnya justru merusak mesin mobil. Selain itu, pada beberapa jenis risiko juga yang bisa menyebabkan mobil mengalami kerusakan sangat parah hingga dapat membuat perusahaan asuransi mengalami kerugian besar jika harus menanggungnya. Meskipun begitu, kamu tidak perlu takut tidak ada yang menjamin keamanan kendaraanmu, karena kamu bisa melengkapi asuransi mobilmu dengan jaminan tambahan, seperti:

  • Pihak ketiga

Tidak semua kecelakaan disebabkan oleh orang lain, bisa saja justru kamulah yang melakukan kesalahan hingga menyebabkan kerugian pada pihak lain (pihak ketiga). Jika hal ini terjadi, tentunya biaya perbaikannya bukanlah menjadi tanggung jawab perusahaan asuransi, melainkan kamu sendiri. Namun, jika kamu melengkapi asuransi mobilmu dengan jaminan ini, maka kamu terbebas dari tanggung jawab ini. Sebab, perusahaan asuransi yang akan bertanggung jawab untuk membiayai perbaikan kendaraan yang terlibat kecelakaan denganmu.

  • Bencana alam

Mobil yang rusak akibat bencana alam tidak termasuk ke dalam kategori kerusakan yang ditanggung oleh perusahaan asuransi. Namun, kamu bisa menambahkan perlindungan ini ke dalam polis asuransi. Beberapajenis bencana alam yang ditanggung oleh perusahaan asuransi yaitu banjir dan tanah longsor. Jika kamu tinggal diarea yang cukup rawan mengalami bencana alam ini, sebaiknya jangan abaikan perlindungan tambahan ini. Akan tetapi, kamu harus memperhatikan proses klaim asuransi ini dengan tepat ya. Sebab, penanganan pertama pada mobilmu setelah terkena bencana ini dapat menjadi faktor penentu apakah klaim asuransimu akan diterima ataukah tidak.

  • Huru hara, Terorisme, Sabotase

Jika kamu tinggal diarea yang bisa dikatakan cukup berbahaya, sebaiknya tambahkan jaminan ini dalam polis. Sebab, mobil merupakan benda yang sering sekali menjadi sasaran ketika terjadi huru hara di sebuah lokasi tertentu.

Namun, ada yang harus kamu ingat ya saat menambah jaminan untuk asuransi mobilmu, yaitu semakin banyak jaminan tambahan yang kamu gunakan akan semakin tinggi juga preminya. Sebab itulah kamu harus bijak dalam memilih. (Vita)