Ingin Membeli Mobil? Siapkan Hal Ini!

Sekarang ini, hampir sebagian besar perempuan menyerahkan keputusan untuk membeli mobil kepada pasangan mereka. Rasanya, hanya sekitar 5% perempuan yang mengambil keputusan individu dalam hal pembelian mobil. Banyak yang tidak ingin ikut campur dalam urusan ini karena merasa urusan seperti ini adalah urusannya laki-laki. Duh, kalau ngurus pembelian mobil saja malas apalagi mengurus asuransi kendaraan mobil? Padahal, sebagai perempuan kita juga harus bisa mengurus pernak-pernik mobil karena tak selamanya kita bisa bergantung pada laki-laki.Ingin Membeli Mobil Siapkan Hal Ini

Nah, kalau kamu sedang berpikir untuk membeli mobil, entah itu a shiny new car atau picking up something pre-loved, ini dia beberapa hal yang harus kamu ketahui:

  1. Pikirkan matang-matang. Benarkah kamu sangat membutuhkan mobil ini? Apakah dana yang disiapkan sudah cukup? Apakah fungsi mobil ini setelah dibeli? Akan dipakai secara rutin atau malah sebulan sekali? Mengetahui detail-detail ini membuat kamu lebih yakin terhadap pembelian mobil ini.
  2. Tetapkan budget Membeli mobil bukanlah aktivitas yang bisa dilakukan dengan harga yang murah. Selain dana untuk membeli mobil, kamu juga harus mengeluarkan uang untuk asuransi, warranties, breakdown cover, sampai dana untuk perbaikan kalau nantinya ada kerusakan. Nah, bakalan besar banget, kan? Untuk itu, tetapkan budget sejak awal supaya tabungan kamu nggak kebobolan saat membeli mobil.
  3. Bersiap untuk negoisasi. Biasanya, harga yang ditawarkan akan sedikit lebih tinggi dibanding yang seharusnya. Cobalah untuk tetap tenang, rasional, dan sebutkan harga yang kamu mau. Take your time and buy with your head rather than your heart.
  4. Cari yang terbaik. Mobil termasuk ke dalam investasi, it’s a major investment, so don’t rush it. Jangan terburu-buru, cari yang pas di hati, dan kalau belum mendapatkannya lebih baik bersabar dibanding pembelian yang impulsif.
  5. Diskusi dengan teman yang mengerti otomotif. Mungkin kamu masih ‘buta’ soal dunia otomotif, tapi bukan berarti kamu tak bisa mempelajarinya. Cobalah untuk berdiskusi dengan kerabat yang paham dan mengerti tentang dunia mobil dan juga mencari informasi lain seputar mobil yang diinginkan.

Nah, semoga membantu, ya!