Penyebab Setting Spooring dan Balancing Berubah

Ketika seseorang baru memiliki mobil, langsung deh berusaha untuk memberikan perlindungan maksimal dengan menggunakan Asuransi Mobil All Risk. Akan tetapi, bukannya lebih baik jika kamu juga memberikan perlindungan lain yang dapat meningkatkan keamanan dan kenyamanan berkendara? Dengan meningkatkan keamanan berkendara ini, tentunya akan memperkecil kemungkinan mobilmu mengalami masalah. Jadi, kamu nggak perlu repot-repot melakukan klaim asuransi kan kalau mobilmu aman.

Spooring dan Balancing

Source: mobilku.org

Ada banyak hal yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan keamanan berkendara, spooring dan balancing merupakan salah satunya. Sebenarnya, spooring berbeda dengan balancing, namun karena sama-sama merupakan setting yang dilakukan di area ban dan biasanya dilakukan secara bersamaan, sehingga seringkali orang menganggap keduanya adalah satu paket. Selain itu, banyak juga yang menganggap bahwa setting ini cukup dilakukan satu kali saja. Padahal tidak begitu loh. Sebab, setting ini tidak bersifat tetap, atau suatu saat pasti berubah dan harus dilakukan setting ulang.

Nah, berikut ini, adalah beberapa hal yang dapat mengubah setting spooring dan balancing, yaitu:

  • Kondisi jalan

Bagaimana kondisi jalan yang sering kamu lalui akan mempengaruhi setting ini. Misalnya saja, jika kondisi jalan cukup mulus dan jarang ada lubang, maka setting ini akan bertahan lebih lama. Sebaliknya, jika jalanan yang sering kamu lalui cukup banyak lubang atau polisi tidur, maka dijamin setting ini akan lebih cepat berubah.

  • Cara menyetir

Bagaimana cara kamu menyetir juga berpengaruh pada setting ini, apalagi jika dikaitkan juga dengan kondisi jalan. Jika kamu sering menyetir dengan kecepatan tinggi, maka risiko perubahan setting ini akan semakin tinggi. Terlebih, jika kamu mengebut dijalanan yang berlubang atau banyak polisi tidur. Hal ini sebenarnya sangat tidak dianjurkan, sebab  tidak hanya berisiko merusak setting spooring dan balancing saja, tetapi juga dapat membuat komponen lain pada mobil mudah rusak. Sebab itulah, sebaiknya hindari cara menyetir seperti ini.

  • Usia

Selembut dan sehati-hati apapun kamu menyetir, setting spooring dan balancing ini pasti akan ada saatnya berubah. Hanya saja, semakin hati-hati kamu dalam menyetir, maka waktu perubahan ini akan semakin lama. Sebab itu, kamu harus memperhatikan cara menyetirmu dan hindari gaya menyetir yang berisiko mempercepat kerusakan mobil yah.

Spooring dan balancing memiliki manfaat penting bagi keamanan berkendara. Sebab itulah harus kamu perhatikan. (Vita)

1 Comment

  1. Pingback: Mengenal Fitur Garda Siaga dari Garda Oto

Comments are closed.