Waspada Terhadap Penyebab Kecelakaan Motor

Memiliki sebuah sepeda motor adalah hal yang umum dimasyarakat saat ini. Bahkan, banyak keluarga yang tidak hanya memiliki satu buah sepeda motor saja, melainkan lebih dari satu. Ada yang memanfaatkan cicilan sepeda motor bekas, namun ada juga yang memilih untuk membeli sepeda motor baru. Apapun itu, yang penting di rumahnya ada sepeda motor yang bisa digunakan untuk bepergian.

Memang, bepergian menggunakan motor lebih hemat biKecelakaan motoraya maupun waktu. Namun, kelebihan inipun diikuti dengan sebuah kekurangan, khususnya terkait dengan keselamatan. Yap, pengendara motor sangat rentan sekali terlibat sebuah kecelakaan yang menyebabkan cedera ringan atau serius. Sebab, motor ini hanya memiliki 2 roda yang artinya pengendaralah yang harus mengatur keseimbangan motor agar tidak jatuh. Bahkan, banyak orang yang bilang bahwa jika pengendara mobil dilindungi oleh body mobilnya, pengendara motor sebaliknya. Justru pengendara motorlah yang melindungi motornya.

Menghindari kecelakaan tentu bukan hal yang mudah. Apalagi, jika sebenarnya kita sudah waspada namun orang lain yang ceroboh. Sebab itulah, penting bagi semua pengendara motor untuk mengetahui berbagai penyebab kecelakaan, dan menghindarinya, seperti beberapa hal berikut ini:

  • Zig zag

Biasanya, pengendara motor sangat cerdik dalam mencari celah agar bisa sampai tempat tujuan dengan cepat. Termasuk juga berjalan di antara kendaraan roda empat. Mereka bisa berpindah jalur semaunya dari sebelah kiri mobil ke sebelah kanan mobil, dan kemudian kembali ke sebelah kiri mobil. Hal ini tidak hanya dapat menghalangi jalan mobil tersebut saja, tetapi juga dapat berisiko tertabrak oleh motor yang sedang melaju di salah satu sisi mobil.

  • Memotong jalan

Apa itu artinya pengendara motor tidak boleh memotong jalan? Tidak begitu. Pasti setiap pengendara ada saatnya perlu untuk memotong jalan, namun harus waspada saat melakukannya. Sayangnya, banyak pengendara motor yang mengabaikan hal ini. Mereka bisa saja menyebrang jalan mendadak tanpa melihat apakah ada kendaraan lain yang sedang melaju atau tidak di jalur tempat mereka menyebrang.

  • Mengebut

Ingatlah bahwa ada beberapa lokasi yang sangat dilarang untuk mengebut, misalnya di area keramaian. Lagipula, ketika berkendara di jalan umumpun tetap sangat berbahaya jika ada pengendara motor yang melaju dengan kecepatan sangat tinggi. Sebab, bisa saja ada hal tidak terduga yang memaksa pengendara untuk mengerem. Jika pengendara tersebut mengendarai motornya dengan kecepatan tinggi, tentunya rem mendadak akan sangat berbahaya untuk dilakukan. (Vita)