Begini Cara Membersihkan Peralatan Masak di Rumah!

Peralatan masak merupakan salah satu perangkat terkotor di hunian alam sutera milikmu. Tidak percaya? Coba saja cek peralatan yang sering digunakan seperti talenan, penggorengan, atau bahkan microwave! Seberapa sering pun kamu membersihkannya, perangkat ini mudah kotor dan tidak jarang memiliki noda yang susah dibersihkan. Benar begitu, bukan?

peralatan masak

Source: sears

Namun demikian, bukan berarti noda tersebut tak bisa dihilangkan. Sebelum kamu terburu-buru menggantinya dengan yang baru, coba dulu cara membersihkan peralatan masak berikut ini:

  1. Membersihkan bagian dalam microwave. Bagian dalam microwave kotor dan perlu dibersihkan? Begini cara membersihkannya: teteskan sabun ke spons basah lalu remas-remas hingga timbul busa. Setelah itu, letakkan spons ke dalam microwave dan nyalakan pada panas minimal selama 30 detik. Jika sudah, buka pintu microwave dan bersihkan bagian dalamnya. Cara ini merupakan cara termudah untuk mengelap kotoran hingga bersih di microwave bagian dalam dan juga menghilangkan bau tidak sedap.
  2. Membersihkan talenan. Talenan sebagai alas untuk memotong bumbu, sayur, atau bahkan daging memang sering terlihat kotor. Bekas merah cabai atau hijau dari sayuran sangat sulit sekali hilang. Nah, campuran garam dan lemon merupakan kombinasi mumpuni untuk membersihkan permukaan talenan. Caranya, tebarkan garam di permukaan talenan lalu bersihkan dengan potongan lemon. Setelahnya, siram dengan air panas hingga bersih. Dijamin, noda di talenan menghilang.
  3. Membersihkan pemanggang roti. Bingung bagaimana cara membersihkan pemanggang roti? Dengan bantuan sikat gigi bekas, kamu bisa membersihkan seluruh bagian pemanggang roti dengan mudah bahkan untuk bagian dalamnya sekalipun. Namun demikian, pastikan sikat gigi yang digunakan bersih dari kuman, ya!
  4. Mengangkat bekas gosong di penggorengan atau frying pan. Banyak yang menyangka bahwa noda gosong atau noda bekas menggoreng di permukaan frying pan tidak bisa dihilangkan. Padahal sesungguhnya bisa lho. Caranya adalah dengan menggunakan garam untuk menghilangkannya. Garam memiliki kemampuan untuk menyerap minyak dan juga membantu menghilangkan noda makanan yang melekat saat digoreng. Tebarkan beberapa jumput garam ke atas permukaan penggorengan, diamkan sampai garamnya menghilang, lalu cuci sambil digosok hingga kering.

Itu dia beberapa cara yang bisa kamu coba di rumah. Semoga membantu, ya!