Mengenal Lebih Dekat Jaringan Internet dan Fungsinya

Mungkin, selama menggunakan jaringan internet yang bisa dipasangkan di dalam komputer, kamu hanya mengetahui jenis jaringan berupa modem saja. Namun, tanpa sepengetahuan kamu, ternyata sebenarnya masih banyak banget loh jaringan internet di dalam komputer yang bisa kamu manfaatkan untuk mengirimkan berbagai data dari satu jaringan ke jaringan lainnya. Sebut saja, ada router yang harga jual router wifi-nya terbilang cukup murah, modem, repeater, dan sebagainya.

internet

Source: blog.solidsignal

Nah, untuk kamu yang belum mengenal berbagai perangkat dari jaringan internet di komputer ini, maka sebaiknya kamu wajib membaca pembahasannya di artikel ini. Simak langsung, deh!

  1. Router. Router adalah salah satu perangkat jaringan internet yang dipakai di dalam sebuah komputer, yang sistem kerjanya melalui Network Layer maupun OSI Layer 3. Jaringan internet Router ini sendiri memiliki tugas untuk menyampaikan berbagai paket data yang dikirimkan melalui sistem jaringan internet hingga sampai ke tempat pengiriman. Selain itu, Router juga berfungsi untuk meneruskan sebuah data dari satu jaringan dengan jaringan lainnya di internet.
  2. Switch. Jika Router bekerja di OSI Layer 3 dan Network Layer, maka untuk jaringan internet yang dikenal dengan nama Switch ini bekerja pada Data Link Layer dan OSI Layer 3. Biasanya, jaringan Switch ini pun digunakan sebagai alat concentrator atau penyambung di jaringan internet komputer. Sangat berbeda jauh dengan Router, Switch ini memiliki fungsi untuk menghubungkan berbagai kabel UTP diantara satu komputer dengan komputer lainnya. Meski, mempunyai perbedaan, namun enaknya Switch ini memberikan routing khusus, sehingga sangat memudahkan saat mengoneksikan komputer dengan komputer lain menggunaka jaringan LAN.
  3. Modem. Modem merupakan satu diantara banyak jaringan internet di dalam komputer, yang digunakan untuk mengubah sinyal digital ke sinyal analog, begitupun sebaliknya. Perangkat yang dinamakan Modem ini dapat difungsikan untuk menghubungkan antara jaringan internet dengan komputer atau PC.
  4. Repeater. Repeater ialah sebuah perangkat di sistem komputer, yang cara kerjanya memperluas sinyal WIFI dan sebelumnya sinyal di komputer tidak ter-cover dari server. Apabila menggunakan perangkat ini, pengguna pun diwajibkan untuk memakai dua perangkat seperti accesspoint dan client server. Perangkat Repeater ini berguna untuk mengcover daerah yang sinyalnya cukup lemah untuk mendapatkan jaringan WIFI, mempermudah saat mengakses sinyal di dalam WIFI yang datangnya dari server, dan lainnya.

Itulah sedikit ulasan mengenai jaringan internet yang wajib kamu ketahui. –SH–