Kelebihan dan Kekurangan Jaringan Internet WiFi

Zaman sekarang siapa sih yang tidak pernah memanfaatkan jaringan WiFi. Bahkan mungkin kamu pernah hanya memesan satu buah menu di sebuah kafe dan duduk di sana hingga berjam-jam demi memanfaatkan fasilitas WiFi-nya. Yap, teknologi ini saat ini memang sangat diminati oleh masyarakat. Hal ini terlihat dari terus ramainya pembeli di toko jual router WiFi. Belum lagi yang membeli alat ini secara online.

WiFi kelebihan dan kekurangan

Source: linkedIn

Memang, WiFi memberikan banyak sekali keuntungan bagi masyarakat yang tidak pernah bisa lepas dari koneksi internet. Tidak hanya bagi yang memanfaatkan koneksinya saja, tetapi juga bagi penyedia WiFinya. Apa sajakah itu? Berikut ini beberapa di antaranya:

  • Menghemat tempat. Kamu hanya perlu meletakkan 1 modem dan router WiFi di satu lokasi dan koneksi internetpun sudah bisa dinikmati oleh banyak orang yang berada di area tersebut. Caranya hanya dengan mengaktifkan WiFi adapter pada gadget yang digunakan dan kemudian memasukkan username dan password.
  • Dulu teknologi ini mungkin memiliki harga yang cukup mahal. Namun semakin kesini, harganya semakin murah dan terjangkau.
  • Dengan memanfaatkan WiFi, maka kantor atau rumahmu akan terhindari dari masalah kabel yang berantakan dibeberapa tempat. Sebab jaringan yang disebarkan melalui frekuensi dan bukanlah kabel.

Meskipun memiliki beberapa kelebihan, bukan berarti WiFi tidak memiliki kekurangan, dan berikut ini adalah beberapa di antaranya:

  • Jaringan kurang stabil. Penyaluran gelombangnya terkadang kurang stabil dan mudah terganggu dengan kehadiran berbagai alat elektronik di sekitarnya. Khususnya jika elektronik tersebut bekerja menggunakan wireless juga, seperti telepon wireless.
  • Jaringan terbagi. Karena bisa digunakan untuk banyak perangkat dalam satu waktu, maka terkadang koneksi jaringannya menjadi lambat. Semakin banyak yang terhubung dengan jaringan, maka akan semakin lambat koneksinya.
  • Keamanan kurang. Kamu tidak akan bisa membatasi penyebaran gelombang dari WiFi dan gelombang ini sangat mudah untuk dimasuki oleh oknum tak bertanggungjawab. Hal ini semakin parah ketika kamu menggunakan koneksi WiFi gratis di tempat umum, dimana gadgetmu akan bisa terhubung dengan gadget lain karena masuk ke dalam jaringan WiFi yang sama. Itulah sebabnya ada hal yang sebaiknya tidak kamu lakukan saat menggunakan WiFi gratis.

Namanya juga teknologi, pasti aada kelebihan dan kekurangannya. Apakah kamu akan tetap menggunakannya? Kamu sendirilah yang harus memutuskannya. (Vita)