Trik Menabung untuk Liburan

“Duh, si A jalan-jalan terus deh. Padahal gajinya sama kayak gue. Kok bisa, ya?”

Nah, sering banget nggak mendengar keluhan seperti ini dari teman-temanmu? Atau bahkan kamu merupakan orang yang sering mengeluhkan hal di atas? Hehe wajar kok. Adalah sesuatu yang masuk akal ketika kamu membanding-bandingkan situasi finansialmu

Menabung

Source: The Odyssey Online

dengan seseorang yang kamu anggap setara derajatnya denganmu. Akan tetapi, kalau kamu mulai iri dan menyimpan amarah yang tidak pada tempatnya, nah itu yang sudah salah. Sebab, siapa tahu temanmu punya trik yang tidak kamu ketahui tentang bagaimana caranya mengatur keuangan dengan gaji yang setara denganmu. Penasaran ingin tahu triknya? Well, di tengah perkembangan bisnis pariwisata Indonesia yang semakin tinggi, yuk deh mulai nabung supaya kamu bisa liburan seperti si A!

Begini trik mengatur keuangan agar bisa liburan beberapa kali dalam setahun:

  1. Kurangi pengeluaran yang tidak penting. Tanpa kamu sadari, gajimu habis untuk hal-hal yang tidak penting. Mulai dari nongkrong-nongkrong cantik, makan siang fancy di pusat perbelanjaan, hingga belanja online shop. Dengan dalih ‘membahagiakan diri sendiri’, kamu sama sekali tidak bisa mengontrol hasrat menghabiskan uang tersebut. Akibatnya menjelang akhir bulan, gajimu habis tak ada juntrungannya. Nah, kalau kamu mau jalan-jalan setidaknya tiga kali dalam setahun, kamu harus berani memangkas pengeluaran yang tidak penting ini. Kurangi nongkrong di café jika tidak perlu, unfollow semua akun online shop di Instagram supaya tidak tergoda, dan bawa bekal dari rumah jika memungkinkan.
  2. Menetapkan budget bulanan untuk ditabung. Biasanya, kita lebih sering menabung dari sisa pengeluaran di akhir bulan. Nah, hal ini salah sebab kita cenderung menghambur-hamburkan uang tanpa menunggu sisanya. Triknya agar tabungan bertambah, silakan sisakan sekitar 200rb atau lebih untuk ditabung setiap bulan. Pisahkan rekening antara tabungan dan pengeluaran bulanan sehingga rekening tabunganmu tidak akan terpakai. Jangan melihat dari nominal tabungan setiap bulannya, meski sedikit kalau lama-lama juga akan menjadi bukit. Setahun jadi banyak deh.
  3. Beli mata uang asing. Mau tahu trik yang sedikit lebih expert namun ampuh? Caranya adalah dengan menabung mata uang asing. Tukarkan uangmu dengan kurs mata uang asing dan simpan selama beberapa saat. Ketika kurs tukarnya sedang tinggi, kamu tinggal menukarnya kembali ke rupiah deh. Hehe, menarik kan? Itung-itung melatih kepekaan dalam melihat situasi dan kondisi!

Nah, dengan melakukan tiga hal di atas, dijamin tabunganmu akan menjadi lebih banyak dibanding sebelumnya. Kamu bisa liburan lebih sering dari biasanya deh. Selamat mencoba, ya!