Rumput Sintetis Untuk Karpet Futsal

Penggunaan rumput sintetis atau artificial glass untuk karpet futsal merupakan hal yang umum, bahkan bisa dikatakan wajib. Memang, masih ada beberapa lapangan futsal yang menggunakan beton atau material lain untuk lapangannya, namun hanyak sedikit sekali. Sebab, banyak pemain futsal yang merasa lebih nyaman ketika bermain di atas rumput sintetis.

Lapangan futsal

Source: www.splex.com

Memang, penggunaan rumput ini menjadi favorit para pengusaha lapangan futsal. Sebab itulah, semakin banyak pengusaha yang tertarik untuk menjadi penyedia rumput ini, dari mulai yang menawarkan dengan harga rendah hingga yang cukup tinggi. Tentunya, hal ini berkaitan juga dengan kualitas rumput yang ditawarkan. Bagi beberapa pengusaha futsal yang hanya memikirkan segi materi saja, cenderung memilih rumput dengan harga paling rendah tanpa memperhitungkan kualitasnya. Hal tersebut dilakukan karena dianggap merupakan cara berbisnis penyewaan lapangan futsal yang menguntungkan. Padahal, pemilihan rumput sintetis untuk lapangan ini tidak boleh dilakukan secara sembarangan, loh. Sebab bisa berhubungan langsung dengan keselamatan para pemain.

Hal pertama yang harus diperhatikan saat memilih rumput sintetis yaitu, pastikan bahwa rumput yang Anda beli memang ditujukan untuk lapangan futsal. Nah, ini adalah salah satu hal yang terkadang luput dari perhatian. Banyak orang yang mengira bahwa semua rumput sintetis itu sama, baik yang digunakan untuk lapangan futsal, taman, dan dekorasi rumah. Padahal, ada banyak jenis dari rumput sintetis yang diproduksi khusus tergantung dari penggunaannya.

Untuk rumput futsal ini sndiri, biasanya memiliki warna hijau yang cukup gelap dan panjang rumput yang sedikit lebih daripada rumput untuk taman dan desain interior. Selain itu, tekstur pada rumput ini lebih kasar, yang berguna untuk membuatnya tidak terasa licin agar pemain aman berlari di atasnya. Namun, tekstur kasar ini juga memberikan dampak negatif bagi pemain, yaitu tidak sedikit pemain yang mengalami luka serius pada bagian tubuhnya akibat terjatuh dan tergores rumput ini. Ini jugalah yang menyebabkan pemain wajib untuk menggunakan sepatu saat berada di atas lapangan. Sepatu ini akan berperan penting untuk melindungi kaki pemain dari kemungkinan tergores saat sedang berlari.

Tidak hanya jenis rumput saja, instalasi pemasangan juga harus diperhatikan. Sebab, hal ini harus dilakukan oleh seorang profesional.  Rumput harus dipasang dengan benar dan tidak boleh ada bagian yang tidak rata atau mudah terlepas. Sebab, pemain futsal sering kali bergerak mendadak dan dengan kecepatan tinggi saat mengejar bola. Sehingga, jika ada rumput yang pemasangannya salah dapat berisiko  membuat pemain tersandung dan terjatuh. (Vita)