Jangan Abaikan Indikator Pengisian BBM pada Kendaraan

Lagi asik berkendara dengan Mitsubishi Mirage kesayanganmu, tiba-tiba lampu indikator bahan bakar menyala. Hmm… rasanya cukup menyebalkan sih. Dalam kondisi seperti ini, banyak pengemudi yang akan segera mencari tempat pengisian bahan bakar terdekat, sebelum BBM dalam tangki mobilnya keburu habis. Apalagi, jika pengemudinya adalah seorang perempuan, bayangan harus mendorong mobil karena kehabisan bensin akan membuatnya ketakutan dan memutuskan untuk mencari pombensi terdekat secepatnya.Jangan Abaikan Indikator Pengisian BBm pada Kendaraan

Sayangnya, tidak semua pengemudi seperti ini loh. Banyak juga yang merasa bensinnya masih cukup hingga mencapai rumah, dan untuk bepergian keesokan harinya. Pengemudi yang berpikir seperti ini, umumnya adalah laki-laki yang memang cenderung lebih atau bahkan over optimis mengenai masalah bahan bakar ini. Tapi, tahukah kamu bahwa ternyata dampak kehabisan bensin ini tidak hanya terbatas pada mendorong mobil saja, tetapi juga bisa lebih parah lagi.

Saat mobil bermanuver atau melewati kondisi jalan yang tidak rata, tidak menutup kemungkinan pompa bahan bakar tidak terendam bensin secara baik. Akibatnya, pompa tidak dapat menarik bensin dan mengalirkannya ke mesin, sehingga asupan bensin akan berkurang atau bahkan habis dan membuat mobil berhenti secara mendadak. Hal ini tentunya sangat berbahaya, apalagi ketika kamu sedang mengendarai dalam kecepatan tinggi, atau tidak ada jarak aman antara kamu dan kendaraan dibelakangmu.

Dampak lainnya yaitu, meningkatkan jumlah endapan yang terdapat di tangki bensinmu. Dan jumlah bensin yang sedikit ini, dapat membuat endapan ini semakin menempel pada dinding tangki. Apalagi jika ternyata bensin yang kamu beli mengandung berbagai material lain, kotoran ini semakin lama akan semakin menumpuk pada berbagai sisi tangki bensin. Akibatnya, pompa bensin akan bekerja semakin keras, begitu pula dengan saringan bensin.

Untuk menghindari beberapa dampak negatif ini, ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan, yaitu:

  • Sesekali, kamu perlu mengisi bensin hingga tangki kendaraanmu penuh. Tangki yang terisi penuh oleh bahan bakar, dapat mengurangi resiko terjadinya kodensasi (perubahan benda menjadi bentuk yang lebih padat, seperti gas ke cair).
  • Nyalakan mesin mobil setidaknya satu kali satu hari, meskipun kamu tidak berencana menggunakannya. Hal ini bertujuan untuk memastikan bahwa aliran bensin dari tangki ke mesin berjalan dengan lancar. (Vita)