Ini, Komponen Infrastruktur dalam IT

IT infrastructure merupakan sebuah layanan dalam bidang teknologi yang menyediakan platform, dan berperan penting untuk menjalankan sistem informasi maupun aplikasi peranti lunak dalam sebuah perusahaan. Biasanya, jika salah satu perusahaan memanfaatkan layanan dari infrastrukstur IT ini, maka akan langsung berdampak besar pada bisnis perusahaan sekaligus strategi informasi yang tengah dijalani. Oleh sebab itu, tidak mengherankan jika banyak perusahaan yang saling bekerjasama dengan lulusan yang memiliki kemampuan di bidang IT ini.

it infrastructure

Source: widevision solutions

Berbicara mengenai infrastruktur IT, saat ini infrastrukstur canggih satu ini sudah menghasilkan komponen utama yang bisa dibilang sangat dibutuhkan oleh sebuah perusahaan. Adapun beberapa komponen tersebut adalah sebagai berikut ini.

  1. Komponen hardware Untuk komponen hardware komputer atau dikenal dengan komponen perangkat keras di komputer ini terbagi menjadi dua bagian, yakni komponen mesin sekaligus komponen mainframe. Dimana, komponen mesin terdiri dari personal data assistant, laptop, server, pc, dan mesin server. Sedangkan, yang termasuk ke dalam komponen mainframe adalah seperti communication device, disk storage device, tape, cpu, dan lainnya.
  2. Komponen software Berbeda dengan hardware komputer, untuk komponen software komputer ini dikhususkan untuk bagian dalam komputer. Yang mana, menjalankan sistem operasi Microsoft Windows (Windows XP, Windows 7, Windows 2000, Windows Vista, Windows CE), Linux, dan Unix.
  3. Komponen telekomunikasi/jaringan. Dan untuk komponen telekomunikasi/jaringan disediakan oleh perusahaan telekomunikasi yang menawarkan berbagai perangkat berupa akses internet, WAN, akses internet, dan sebagainya.
  4. Komponen penyimpanan data dan managemen. Komponen satu ini dianggap cukup penting dalam infrastruktur IT, sebab bisa dijadikan sebagai sarana untuk mengatur sekaligus merapikan data yang tersimpan dalam perusahaan sehingga bisa digunakan secara efisien. Seperti misalnya, penggunaan Microsoft SL dan hard disk.
  5. Komponen konsultasi integritasi sistem dan layanan. Komponen ini pun sangat dibutuhkan oleh perusahaan, karena bisa digunakan sebagai sarana untuk mengembangkan bisnis yang dijalani oleh sebuah perusahaan. Lantaran, memang cara pengerjaannya melalui perangkat lunak.
  6. Komponen platform internet. Seperti yang kita tahu, komponen platform internet memang menjadi andalan dalam sebuah perusahaan. Karena dimanfaatkan untuk memasarkan bisnis sebuah perusahaan. Maka dari itu, tidak heran bila komponen ini masuk ke dalam infrastruktur IT.
  7. Komponen software aplikasi enterprise. Ini bisa dibilang sebagai komponen yang juga memiliki peran penting dalam IT, sebab berhubungan dengan perangkat lunak seperti misalnya Microsoft, Oracle, People Soft, dan SAP.

Itulah beberapa komponen yang terdapat dalam infrastruktur IT. Dan pastikan Anda melakukan perawatan server terutama industri ecommerce dengan baik agar setiap infrastruktur IT bisa bekerja dengan baik. Semoga bermanfaat –SH–