Wow, Google Assistant Kini Hadir di iOS!

Dalam acara Google I/O 2017 beberapa hari lalu, CEO Google memberitahukan ke publik bahwa asisten virtual milik Google yakni Google Assistant akan masuk ke dalam perangkat iOS. Jika dulu asisten virtual ini hanya terdapat pada merk handphone terbaik berbasis Android saja, kini Google Assistant akan bisa dengan mudah ditemukan pada ponsel iPhone. Wah, iPhone kan sudah punya Siri, lantas jika Google Assistant ini masuk ke iOS, bagaimana keberlanjutannya ya?google assistant

Menurut Product Management Director Google, Google Assistant hadir ke iOS sebagai salah satu langkah untuk memperkenalkan keunggulan dari fitur ini kepada pengguna iOS. Google Assistant menawarkan keunggulan yang tidak dimiliki oleh Siri sehingga bisa saling melengkapi. Bahkan masih menurut Product Management Director Google, Google Assistant sudah lebih maju dalam inovasi kecerdasan buatan sehingga fiturnya lebih personal dan praktis.

Google Assistant sudah mampu mengolah percakapan menjadi lebih menarik sehingga bisa menghadirkan topik yang dibutuhkan pengguna. Kemampuan ini merupakan buah dari kecerdasan buatan Artificial Intelligence yang dikembangkan Google dan pertama kali diperkenalkan melalui Google Pixel. Jika dulu fitur ini hanya bisa dioperasikan dengan bahasa Inggris, kini Google Assistant bisa memahami banyak bahasa mulai dari Prancis, Portugal, Jerman, dan juga Jepang. Tidak berhenti sampai di situ saja, Google pun akan terus memperbarui dan menambah jumlah bahasanya untuk memanjakan para pengguna. Salah satu bahasa yang akan ditambahkan adalah Spanyol dan Korea.

Salah satu keuntungan yang paling menarik dari Google Assistant adalah kemampuannya untuk berbelanja dan memesan makanan. Nantinya pengguna bisa membayarnya secara langsung dengan menggunakan Android Pay. Tidak hanya itu, Google Assistant juga sudah terintegrasi dengan Google Lens dan mampu menerima perintah dalam bentuk teks (tidak hanya menggunakan bentuk suara saja).

Masih belum ada keputusan kapan Google Assistant akan masuk ke dalam iOS dan apakah fiturnya akan serupa dengan yang ada di Android. Hingga saat itu tiba, mungkin saja Siri juga akan melakukan pembaruan sehingga tak akan kalah saing dengan Google Assistant. Kita tunggu saja kabar terbarunya di kemudian hari!