Asal Usul Dibuatnya Lagu Nina Bobo

Masih ingatkah kalian dengan lagu masa kecil yang berjudul Nina Bobo? Atau masihkah kalian menyanyikan lagu Nina Bobo ini, ketika mau menidurkan anak maupun adik di apartment mega kuningan? Jika kalian masih mengingat bahkan masih menyanyikan lagu Nina Bobo ini kepada anak ataupun adik, bisa dipastikan masa kecil kalian bahagia banget guys. Bagaimana tidak, lagu Nina Bobo yang sangat terkenal di kalangan masyarakat Indonesia ini, mampu mengantarkan kalian tertidur sangat lelap padahal liriknya hanya berapa bagian saja.

nina bobo

Source: healthylnb

Hmm, setelah kalian mendengar lagu Nina Bobo yang sangat fenomenal ini, kalian pasti bertanya-tanya, kenapa bisa diciptakan lagu Nina Bobo ini? Siapa sebenarnya orang yang pertama kali membuat lagu Nina Bobo ini? Nah, untuk menjawab kepenasaranan kalian akan lagu Nina Bobo ini, maka di bawah ini akan diulas beberapa versi asal usul dibuatnya lagu Nina Bobo. Yuks, disimak!

  1. Versi Helenina. Menurut cerita, asal usul dibuatnya lagu Nina Bobo ini, berasal dari sebuah keluarga kecil yang hidup bahagia, yang mempunyai seorang anak perempuan bernama Helenina. Helenina sendiri merupakan anak campuran Indonesia dan Belanda. Helenina atau biasa dipanggil Nina oleh kedua orang tuanya, mengalami masalah susah tidur di malam hari. Ibu Nina yang bernama Mustika pun setiap malam bersenandung untuk dirinya. Namun, sang ayah yang bernama Van Rodjink menyarankan agar sang ibu membuat sebuah lagu pengantar tidur untuk anaknya. Akhirnya, terciptalah lagu Nina Bobo ini.

Setiap malam ibu Nina, tak hentinya menyanyikan lagu Nina Bobo pada sang anak. Namun, suatu hari Nina mengalami sakit parah dan meninggal dunia. Ibu dan ayah Nina sangat sedih sekali atas kejadian ini. Tak disangka, suatu malam sang ibu merasa anaknya menangis di dalam kamar mandi rumahnya. Mendengar hal ini, sang ibu langsung menyanyikan lagu Nina Bobo. Tak hanya itu, di setiap malamnya Ibu Nina selalu mendengar tangisan anaknya, yang membuat dirinya selalu menyanyikan lagu Nina Bobo untuk Nina. Ia pun menyanyikan lagu Nina Bobo, hingga dirinya meninggal dunia. Setelah Ibu Nina meninggal, giliran ayah Nina yang dihantui oleh suara tangisan anak kecil.

  1. Versi Nina Mijk. Selain Helenina, ada versi lain dari pembuatan lagu Nina Bobo ini. Dimana, ada sebuah keluarga musisi dari negara Belanda, yang mau mengembangkan karirnya di negara Indonesia. Siapa sangka, setelah kepindahannya ke Indonesia, malah membuat anak semata wayangnya yang bernama Nina Mijk mengalami kejadian aneh seperti orang kesurupan. Dikarenakan tidak tega melihat kondisi anaknya, ayah Nina Mijk memutuskan kembali ke Belanda. Tinggallah Nina dan Ibunya yang masih menetap di Indonesia. Suatu malam, sang ibu melihat anaknya menangis, lalu si ibu langsung menyanyikan lagu Nina Bobo kepada anaknya. Anaknya pun tertidur dengan sangat pulas dan tidak pernah terbangun lagi.
  2. Versi Wikipedia. Dilansir dari Wikipedia, lagu Nina Bobo dibuat oleh orang asli negara Indonesia, yang artinya meninabobokan atau menyanyikan sebuah lagu pengantar tidur. Kata Nina sendiri bukanlah nama seorang gadis, melainkan kata yang berasal dari negara Portugis “menina” yang artinya memang seorang gadis. Sedangkan, untuk kata bobok atau berasal dari negara China yang artinya tidur.

Udah pada tau kan, asal usul dibuatnya lagu Nina Bobo ini! –SH–