Cermat Memilih Investasi Reksa Dana Online

Kini, berinvestasi dalam bidang reksa dana saham tidak hanya bisa dilakukan secara manual, namun bisa pula dilakukan dalam bentuk online yang saat ini memang banyak digandrungi oleh para investor. Selain gampang, melakukan investasi reksa dana secara online ini akan semakin mempermudah investor ketika berniat untuk menambah investasi yang sudah pernah dibuat sebelumnya.

reksa dana 1

Source: rocketmanajemen

Meskipun demikian, tapi jika Anda memutuskan untuk berinvestasi reksa dana secara online, maka sebaiknya Anda harus memahami beberapa hal ini terlebih dahulu. Apa sajakah itu? Simak, langsung pembahasannya di bawah ini, check it out:

  1. Memahami produk investasi reksa dana. Saat Anda tertarik untuk melakukan investasi reksa dana yang bukan manual, sebaiknya hal pertama yang harus Anda lakukan adalah memahami arti dari produk investasi reksa dana. Menurut UU Pasar Modal No. 8 tahun 1995, reksa dana merupakan salah satu wadah penginvestasian yang dananya didapatkan melalui masyarakat permodal dan nantinya dana tersebut diinvestasikan ke dalam bentuk portfolio. Investasi reksa dana ini dipegang langsung oleh pihak Manager Investasi, sehingga dana yang sudah diinvestasikan akan aman berada di pihak investasi. Untuk dana awalnya sendiri, investasi reksa dana ini hanya mengaruskan penginvestasi membayar uang sebesar Rp 100.000.
  2. Mengetahui bagaimana cara kerja investasi reksa dana. Setelah memahami produk investasi reksa dana, selanjutnya yang wajib Anda pahami yaitu mengetahui bagaimana cara kerja investasi reksa dana online. Biasanya, saat awal pembuatan investasi ini, Anda akan diberikan unit investasi yang dihitung melalui nilai aktiva bersih sekaligus seberapa besar jumlah investasi yang nantinya akan diinvestasikan. Selain itu, investasi ini pun memiliki beberapa jenis investasi seperti reksa dana campuran, reksa dana pendapatan tetap ataupun obligasi, reksa dana saham, dan reksa dana pasar uang.
  3. Mencari tahu bagaimana cara melakukan investasi reksa dana secara online. Apabila sudah mengetahui keseluruhan tentang investasi reksa dana, berikutnya yang harus Anda lakukan ialah mencari tahu bagaimana sebenarnya melakukan investasi reksa dana di bidang online ini. Cari tahu persyaratan apa sajakah yang dibutuhkan saat hendak berinvestasi sekaligus menanyakan bagaimana prosedur berinvestasi.

Itu sedikit ulasan mengenai cara investasi reksa dana secara online. Semoga artikel ini memberikan banyak manfaat! –SH–