Tips Hemat Tinggal di Apartemen

Meski mendapatkan fasilitas yang lebih lengkap dan cukup mewah, namun sayangnya pada saat tinggal di apartemen yang disewa maupun dibeli melalui developer properti Indonesia ini malah dapat membuat pengeluaran bulanan Anda semakin membengkak. Bagaimana tidak, ketika memutuskan untuk tinggal dan menetap di apartemen ini, Anda pun diwajibkan untuk membayar berbagai keperluan bulanan. Mulai dari; membayar tagihan listrik kamar apartemen, memberi uang untuk operasional apartemen, pembayaran cicilan untuk Kredit Pemilikan Apartemen, sampai dengan mengeluarkan uang untuk belanja bulanan Anda.

hemat tinggal di apartemen

Source: archdaily

Kendati demikian, tetapi sebenarnya untuk mengatasi supaya pengeluaran bulanan ini tidak membengkak dan jauh lebih hemat, maka sebaiknya Anda mengikuti beberapa tips ini. Simak deh!

  1. Mengajak teman untuk tinggal bersama. Apabila Anda tidak ingin mengeluarkan banyak pengeluaran, ada baiknya ketika tinggal di apartemen Anda mengajak teman untuk tinggal bersama. Dengan mengajak teman ini, biasanya pengeluaran yang harusnya Anda bayar sendiri bisa dibagi dengan teman sekamar apartemen. Dan, agar teman yang diajak semakin tertarik, pilihlah harga apartemen yang terjangkau untuk berdua.
  2. Tidak menyalakan AC. Kadangkala, ketika suhu udara di luar apartemen terasa sangat panas, Anda akan menyalakan AC apartemen dan tidak pernah dimatikan. Akan tetapi, sebenarnya jika Anda terus menerus menyalakan AC, malah membuat tagihan listrik kamar apartemen Anda akan lebih banyak daripada biasanya. Namun, untuk menyiasati hal yang seperti ini, Anda pun dapat melakukan banyak cara. Misalkan saja, Anda membuka jendela kamar apartemen dan apabila Anda tidak mau terkena sinar matahari langsung, cobalah untuk memasang gorden tipis di apartemen, Anda juga bisa menggunakan kipas angin yang digantungkan di dinding kamar apartemen, dan sebagainya.
  3. Membuat anggaran seberapa besar pengeluaran yang akan Anda keluarkan setiap bulan. Hal paling penting yang bisa menghemat pengeluaran ketika tinggal di apartemen ini adalah membuat anggaran seberapa besar pengeluaran yang akan Anda keluarkan setiap bulannya. Dibuatnya anggaran bulanan ini, ternyata dapat membatasi supaya Anda tidak terlalu mengeluarkan banyak uang kepada hal-hal yang tidak dibutuhkan.

Nah, untuk Anda yang ingin berhemat ketika menetap di apartemen, coba deh ikuti beberapa cara yang kami sarankan di atas. –SH–