Tips Membersihkan Karpet di Ruang Bermain Anak

Ruang bermain anak merupakan ruang yang harus mendapatkan perhatian khusus dibanding ruang lain di hunian alam sutera kita. Mengapa? Pasalnya di ruangan ini anak Ibu menghabiskan sebagian besar waktunya untuk bermain dan belajar. Oleh sebab itu, kebersihannya harus selalu terjaga. Salah satunya adalah bagian karpet. Begini cara membersihkan karpet agar kebersihannya tetap terjaga:

ruang bermain anak

Source: gethousedecor

  1. Bersihkan setiap tiga kali dalam seminggu. Mengingat si kecil sering sekali bermain di ruang bermain dan duduk di atas karpet, maka karpet pun harus sering dibersihkan. Jika Ibu tidak sempat untuk membersihkannya setiap hari, membersihkannya setiap tiga kali dalam seminggu juga cukup, kok. Silakan bersihkan di pagi hari atau sore hari, ketika si kecil tidak sedang bermain di dalamnya.
  2. Manfaatkan mesin penyedot debu untuk membersihkan karpet. Untuk perawatan harian, Ibu bisa menggunakan vacuum cleaner atau penyedot debu untuk membersihkan karpet. Lebih mudah, sekaligus menghemat waktu bukan?
  3. Setiap tiga atau empat bulan sekali, cuci karpet secara menyeluruh. Menyedot debu saja tidak cukup untuk membersihkan karpet, Ibu juga harus mencucinya. Hal ini dimaksudkan untuk mengangkat semua bakteri yang menempel di karpet dan memastikannya tetap bersih. Agar warna karpet tidak pudar, cuci dengan sabun khusus untuk karpet. Bisa juga dibawa ke laundry jika Ibu merasa kerepotan untuk mencucinya.
  4. Ubah posisi karpet. Biasakan untuk merotasi bagian karpet sehingga bagian yang sering terinjak tidak terfokus pada satu titik saja.
  5. Untuk menghilangkan bau apek pada karpet, Ibu bisa mencoba trik ini: percikan sedikit baking soda ke atas karpet. Tunggu selama 30 menit dan jika sudah, Ibu bisa bersihkan dengan mesin penyedot debu.
  6. Jika karpet berbau tajam dan sulit hilang, gunakan larutan cuka dengan air. Buat larutan cuka dan air dengan perbandingan 1:4. Ambil lap, rendam lap dalam larutan, lalu tepuk-tepuk bagian yang berbau. Jangan digosok.

Semoga dengan melakukan beberapa cara di atas, karpet di ruang bermain si kecil bisa tetap bersih. Selamat mencoba ya, Bu!