Terlalu Lama Bermain Handphone Ternyata Gak Baik, Loh!

Memang, dengan semakin canggihnya teknologi yang diciptakan oleh manusia, membuat handphone pintar pun kini sudah bisa digunakan untuk banyak hal. Contohnya saja; chatting di media sosial dengan teman dan cukup hanya memanfaatkan kuota dari internet Jakarta, melakukan tatap muka langsung dengan keluarga tercinta yang saling berjauhan, mencari berbagai informasi, serta membaca semua ulasan artikel yang menjelaskan semua hal tentang dunia.

bermain smartphone

Source: NDTVGadgets

Kendati seperti itu, terlalu lama memainkan handphone meski dijadikan sebagai media untuk mencari informasi maupun berkomunikasi dengan teman, ternyata tidak baik loh untuk kesehatan tubuh. Berikut ini kami ulas sedikit mengenai alasan mengapa handphone pintar yang kamu gunakan bisa tidak baik untuk tubuh, check it out:

  1. Membuat mata menegang. Alasan yang membuat handphone pintar tidak baik untuk tubuh, karena dapat menyebabkan matamu menegang. Hal ini dikarenakan saat kamu sudah bermain handphone, maka kedipan mata pun akan berkurang. Sehingga, apabila ini dibiarkan tanpa ada pencegahan, tentu dapat membuat jarak pandang matamu kian berkurang. Untuk itu, supaya matamu tidak menegang, jangan terlalu sering ya bermain handphone.
  2. Mengakibatkan Insomnia. Terlalu asyik memainkan handphone, ternyata dapat membuat kamu menjadi insomnia akut. Mengapa demikian? Yup, ini karena cahaya yang dikeluarkan dari layar handphone mengeluarkan sinar biru yang cukup berbahaya untuk mata sekaligus bisa membuatmu merasa gelisah. Dampak dari rasa gelisah inilah yang menjadi cikal-bakal kenapa kamu bisa insomnia atau susah tidur di malam harinya.
  3. Menyebabkan tulang punggung menjadi kaku. Bermain handphone dalam waktu lama pun, nyatanya bisa menyebabkan tulang punggungmu menjadi kaku. Lantaran, ketika bermain handphone, kamu terlalu menundukkan kepala ke bagian bawah sehingga menarik tulang punggung. Maka dari itu, sebisa mungkin saat memainkan handphone, kamu janganlah sampai menundukkan kepala.
  4. Mempercepat proses penuaan. Ternyata, tidak hanya asap kendaraan maupun rokok saja yang bisa mempercepat proses penuaan, namun bermain handphone dalam waktu yang cukup lama pun bisa membuat proses penuaan akan lebih cepat daripada biasanya. Oleh sebab itu, mulai dari sekarang, kurang-kurangi ya bermain handphone.

Itulah alasan mengapa bermain handphone dalam waktu yang cukup lama tidak baik untuk tubuhmu. Semoga bermanfaat! –SH–