Beberapa Lokasi Wisata Budaya di Indonesia

Indonesia terkenal memiliki budaya yang sangat beragam. Meskipun mungkin, beberapa dari masyarakat Indonesia sendiri tidak begitu paham atau bahkan tidak tertarik dengan hal ini, namun kenyataannya keanekaragaman budaya ini justru menjadi daya tarik bagi wisatawan asing untuk datang ke Indonesia. Sebab itulah, ketika wisatawan asing datang ke sini, dengan bantuan situs Indonesia tourism marketplace biasanya mereka akan mencari lokasi wisata yang menampilkan budaya dari daerah tersebut.

Nah, jika kamu sendiri tertarik untuk mengunjunginya, ada nih beberapa lokasi wisata budaya yang tidak boleh dilewatkan, yaitu:

  • Candi Prambanan
Sendratari Ramayana Prambanan

Source: yogyatrip.com

Meskipun mungkin kamu belum berkesempatan datang berwisata ke candi ini, tapi kamu pasti pernah dong mendengar namanya? Yap, salah satu candi Hindu yang paling terkenal di Indonesia ini berlokasi di Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Diantara candi lain di Yogyakarta, candi ini memiliki banyak keistimewaan. Pertama, di area candi ini kamu nggak hanya bisa melihat Candi Prambanan saja, tetapi juga candi lainnya, misalnya saja seperti Candi Sewu. Memang, lokasinya cukup jauh, namun pihak pengelola menyediakan kendaraan dengan tarif yang murah (kereta wisata) hingga mahal (mobil golf) bagi yang ingin berkeliling melihat seluruh candi. Selain itu, ada sebuah shuttle khusus bagi kamu yang ingin datang ke Candi Ratu Boko. Keistimewaan lain dari candi ini yaitu, pertunjukkan budaya yang diadakan secara rutin pada malam hari (tidak setiap malam). Pertunjukkan yang ditampilkan yaitu kisah Rama dan Shinta, namun dalam versi Jawa. Dulu, pertunjukkan ini hanya bisa disaksikan pada malam bulan purnama saja. Namun, karena peminatnya cukup banyak, sehingga jadwal pertunjukknnya ditambahkan. Hanya saja, jika kamu datang pada saat malam bulan purnama, maka kamu akan dapat menyaksikan pertunjukkan ini di panggung utama yang jelas akan terasa sangat istimewa.

  • Saung Angklung Udjo
Saung Angklung Udjo

Source: anekatempatwisata.com

Saat ini, ada banyak sekali tempat wisata di Bandung. Namun, jika kamu senang berwisata budaya, maka Saung Angklung Udjo (SAU) tidak boleh kamu lewatkan. Saung ini berlokasi di Jalan Padasuka No. 118, Pasirlayung, Bandung. Apa keistimewaan saung ini? Tentunya ada banyak sekali, khususnya bagi kamu yang senang dengan alat musik angklung. Di sini, kamu bisa melihat langsung pertunjukkan permainan angklung dari para profesional yang sudah terlatih. Tidak hanya itu saja, kamu juga bisa mempelajari berbagai jenis budaya sunda lainnya. Fasilitas dalam saung inipun terbilang lengkap, dari mulai tempat untuk makan, hingga tempat penjualan suvenir berbagai benda yang terbuat dari bambu. Bahkan, saung ini juga bisa loh kamu sewa untuk mengadakan acara, misalnya saja acara pernikahan.

  • Garuda Wisnu Kencana
Garuda Wisnu Kencana

Source: indonesia-tourism.com

Garuda Wisnu Kencana (GWK) merupakan tempat wisata yang belum terlalu lama di Bali, namun sudah dapat menarik perhatian wisatawan domestik dan mancanegara. Saat ini, bangunan utama dari GWK sendiri belum benar-benar selesai, yaitu patung Dewa Wisnu yang sedang menunggangi Garuda. Namun, patung berbentuk kepala Garuda dan setengah badan Dewa Wisnu saja, sudah berhasil menarik perhatian para wisatawan. Hal ini disebabkan, ukuran dari patung ini sangat luar biasa besarnya, hal ini lah yang membuat para wisatawan semakin penasaran ingin melihatnya secara langsung. Selain itu, di dalam tempat wisata ini juga akan ada pertunjukkan tari khas bali, yaitu Kecak dan Barong. Jadi, tinggal kamu sesuaikan saja jadwal kedatanganmu dengan jadwal pertunjukkan ini.

Nah, jika kamu sudah pernah mengunjungi semua lokasi tersebut, mungkin kamu akan mencari tempat lain yang tidak kalah menarik. Tenang saja, karena negara ini masih memiliki banyak sekali tempat yang pastinya seru dan menyenangkan. Bahkan, untuk kamu yang ingin merasakan sensasi naik balon juga bisa dilakukan di Indonesia. Jadi, untuk apa wisata jauh-jauh ke luar negeri jika wisata dalam negeri saja sudah sangat memuaskan. Selamat berwisata. (Vita)