Ini Kota Terdingin di Indonesia (part II)

Selain memiliki daerah dengan cuaca yang cukup panas lantaran dilalui oleh garis Khatulistiwa, negara Indonesia yang memiliki banyak tempat wisata indah dan paling dicari di situs marketplace travel Indonesia ini pun mempunyai daerah bercuaca sungguh luar biasa dingin. Saking dinginnya, beberapa daerah yang tersebar di Indonesia ini, membuat air yang awalnya sudah mendidih menjadi dingin bak air es yang dimasukkan ke dalam sebuah kulkas. Tidak jauh berbeda dengan episode pertamanya, berikut ini daerah yang memiliki cuaca yang sungguh luar biasa dingin di Indonesia.

  • Mulia.
mulia papua

Source: commons.wikimedia.org

Mulia merupakan sebuah kota kecil yang berada di Puncak, Jaya, Papua, yang terletak di ketinggian 2.448 meter dari atas permukaan laut. Menjadi kota dengan cuaca yang sungguh luar biasa dingin, kota yang satu ini pun dikenal sebagai kota yang sangat kerap berkonflik. Saking seringnya kota Mulia ini berkonflik, maka suara tembakan yang terdengar sangat menakutkan itu menjadi hal yang sudah biasa saja di kota ini. Kendati demikian, namun untuk bisa mencapai kota kecil ini, para pengunjung harus menaiki sebuah pesawat berjenis Caravan yang isinya hanya sembilan orang saja.

  • Gayo Lues.
gayo lues

Source: seputaraceh

Gayo Lues sendiri adalah sebuah kota yang paling terisolasi di Nanggroe Aceh Darussalam. Meskipun demikian, daerah yang berada di ketinggian 1.000 meter di atas permukaan laut ini, mempunyai daerah yang sangat berpontensi. Dimana, daerah ini terkenal menjadi daerah yang memiliki banyak wisata indah, dan tentunya tidak kalah menarik dengan wisata lainnya di Indonesia. Selain itu, potensi lain yang dipunyai oleh daerah Gayo Lues ini adalah biji kopi yang sangat nikmat dan dihargai dengan harga yang tergolong mahal.

  • Batu.
batu malang

Source: awantour

Tunggu dulu, ini bukan batu yang terdapat di luar rumah ya, melainkan sebuah kota kecil yang dulunya masih menjadi bagian kota Malang provinsi Jawa Timur. Kota yang terletak di ketinggian sekitar 1.200 meter dari permukaan laut ini, ternyata menyimpan banyak pesona alam yang cukup menarik. Meskipun berada sangat tinggi dengan cuaca yang teramat dingin, daerah ini menyuguhkan wisata yang sangat indah seperti Batu Secret Zoo, museum angkut, air terjun cuban rondo dan cuban rondo, dan sebagainya.

Nah, kalian tertarik untuk tinggal di tempat yang sungguh luar binasa dinginnya ini? –SH–