Furnitur Ramah Lingkungan Membuat Rumah Semakin Nyaman

Saat membangun rumah, hal apa yang paling Anda perhatikan? Tentunya kokoh, indah dan nyaman menjadi hal yang penting dimiliki oleh sebuah rumah. Itulah yang biasanya diperhatikan saat memilih material yang paling tepat untuk kusen ataupun furniture. Namun, jangan lupa untuk memerhatikan lingkungan juga ya. Sekarang ini sudah terdapat banyak material ramah lingkungan yang bisa dijadikan furnitur. Salah satu cara untuk membuat rumah yang ramah lingkungan adalah dengan menggunakan Kusen UPVC.

furniture bambu

Source: homedit

Materi uPVC merupakan material plastik terbaik yang ramah lingkungan dan tahan untuk pemakaian jangka panjang. Nah, selain uPVC kira-kira bahan apa lagi sih yang bisa digunakan supaya rumah Anda nyaman sekaligus ramah lingkungan?

  1. Bambu

Buat Anda yang ingin menghidupkan suasana asri dan sejuk di rumah, Anda bisa memilih furnitur bambu daripada kayu. Kenapa? Karena dibandingkan kayu, bambu lebih mudah untuk tumbuh dan tidak memerlukan pestisida beracun untuk merawatnya. Bambu bisa digunakan untuk membuat macam-macam furnitur yang unik lho. Mulai dari pagar, kursi, meja dan masih banyak lagi.

  1. Kayu Bersertifikat

Kalau memang Anda lebih memilih untuk menggunakan kayu sebagai bahan dasar furnitur, Anda perlu memastikan bahwa kayu yang digunakan adalah kayu yang bersertifikat. Dengan menggunakan kayu bersertifikat atau kayu yang legal, berarti secara otomatis Anda ikut mengurangi bisnis kayu ilegal.

Nah, di Indonesia sendiri telah ada Sistem Informasi Legalitas Kayu (SILK) yang memberikan informasi mengenai toko furnitur mana yang menggunakan kayu bersertifikat. Jadi, tak perlu susah-susah untuk mencarinya.

  1. Logam Daur Ulang

Selain kayu dan bambu, Anda juga bisa memanfaatkan logam daur ulang untuk membuat furnitur. Dengan menggunakan logam daur ulang, maka sumber daya alam pun bisa dihemat. Selain itu, alumunium yang didaur ulang (termasuk logam) dapat mengurangi volume polusi dan energi untuk memproduksi alumunium yang baru.

Jangan salah lho, hasil furnitur yang dihasilkan dari logam daur ulang juga tidak kalah bagusnya dengan logam baruk kok. Logam daur ulang bisa dibentuk menjadi lampu hias, pajangan dinding, dan furnitur menarik lainnya.

Bagaimana, sudah siap membuat rumah yang nyaman dan ramah lingkungan? (Rima)