Pengetahuan Pintar

Adakah Makanan Tinggi Kalori yang Sehat?

Makanan tinggi kalori sering disebut sebagai panganan yang tidak sehat. Sebab, makanan tinggi kalori memberikan dampak buruk untuk kesehatan seperti mengakibatkan penumpukan lemak dan kenaikan berat badan, serta meningkatkan risiko penyakit kritis seperti penyakit jantung juga kanker. Tak ayal, praktisi hidup sehat akan menghindari konsumsi makanan tinggi kalori sekaligus membekali dirinya dengan produk berpremi asuransi kesehatan keluarga.

Akan tetapi, ternyata tidak semua makanan yang punya kalori tinggi itu berbahaya, lho. Dikutip dari laman Listonic, berikut adalah daftar makanan tinggi kalori yang tergolong sehat dan baik untuk dikonsumsi:

  • Kacang-kacangan. Jika Anda membayangkan kacang goreng, panggang, ataupun kacang berbumbu, tentu ketiganya tidak masuk dalam kategori ini. Pasalnya, kacang-kacangan ini sudah menjadi tidak sehat karena proses pengolahannya. Sebaliknya, kacang-kacangan yang tergolong sehat adalah tanaman berbuah polong mentah atau rebus. Per 100 gram kacang, terdapat sekitar 500 hingga 600 kkal (kalori) yang berasal dari lemak tak jenuh sehat. Biarpun bernama ‘lemak’, kandungan ini justru dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan mengurangi kadar kolesterol.
  • Minyak. Sama seperti kacang-kacangan, minyak sehat juga datang dari jenis minyak tertentu yang mengandung lemak tak jenuh sehat. Adapun minyak sehat yang dimaksud adalah minyak zaitun dan minyak biji rami. Satu sendok minyak zaitun diperkiran memiliki 82 kkal dan satu sendok minyak biji rami mempunyai 90 kkal. Kendati berkalori tinggi untuk seukuran satu sendok, kedua jenis minyak ini sangat aman dan bahkan baik untuk dikonsumsi, lho. Sebagai contoh, minyak zaitun dapat mengurangi risiko penyakit kronis karena kandungan antioksidannya. Sedangkan minyak biji rami baik untuk sistem pencernaan dan dapat membantu mencegah penyakit kardiovaskular.
  • Keju. Apa bahan dasar keju? Susu hewan. Inilah alasan mengapa keju bisa disebut sebagai makanan berkalori tinggi yang sehat. Susu sapi, kerbau, kambing, ataupun domba mengandung kalsium dan protein yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Kalsium, misalnya, dapat mendukung sistem saraf dan otot-otot, mencegah pembekuan darah, juga mineralisasi tulang dan gigi. Sementara protein yang ada dalam keju baik untuk pembangun jaringan otot, organ dalam, kulit, rambut, dan kuku. Namun, tentu saja keju yang tinggi kalsium dan protein hanya berlaku untuk keju yang belum diproses dengan bahan-bahan kimiawi, ya.

Itulah dia macam-macam makanan tinggi kalori yang sehat. Semoga informasi di atas bermanfaat.