Waspadai Tanda Kerusakan Mobil Berikut

Lagi enak berkendara, tiba-tiba mesin berhenti dan tidak mau lagi dinyalakan. Atau ada masalah pada salah satu komponen mobil yang membuatnya sulit untuk Apalagi jika hari sudah malam dan tidak ada bengkel di sekitar situ. Duh, rasanya pasti kesal sekali, ya! Padahal mobil sudah pakai oli mesin terbaik, tapi kok bisa tiba-tiba mesin mati mendadak?

mobil

Source: carmagazine

Sebenarnya, selain dari penggunaan oli mesin yang kurang tepat atau berkualitas buruk, masih ada beberapa penyebab kerusakan mesin mobil. Jadi, jangan keburu tenang hanya karena kamu menggunakan oli mesin terbaik. Lagipula, sebelum mesin mati mendadak ataupun terjadi kerusakan parah lainnya, ternyata mobil lebih dulu memberikan tanda-tanda. Hanya saja, banyak pengendara mobil yang tidak memahaminya sehingga mengabaikannya. Nah, supaya hal ini tidak menimpa Anda, yuk mulai kenali beberapa tanda kerusakan mobil berikut: (sc: autoexpose)

  • Power yang menurun

Untuk Anda yang sering bepergian dengan mobil kesayangan, coba deh perhatikan bagaimana performa mesinnya. Jika suatu saat Anda merasa bahwa tarikan mobil terasa lebih berat dan lambat, maka ini bisa menjadi tanda adanya masalah pada mesin mobil Anda. Hal paling sederhananya oli mesin yang harus diganti. Namun kondisi ini juga bisa disebabkan oleh silinder dan ring piston yang aus, dan beberapa masalah lainnya.

  • Suara lebih kasar

Mobil keluaran baru sekarang, umumnya memiliki suara mesin yang halus. Tidak hanya mesin berbahan bakar bensin saja, tetapi juga mesin diesel. Namun, ketika adanya suatu masalah pada komponen mesin, maka suara yang keluar akan terdengan leebih kasar. Hal ini bisa disebabkan oleh timming chain yang mulai melonggar, atau adanya seal yang terlepas.

  • Asap knalpot berwarna

Perhatikan baik-baik warna asap yang keluar dari knalpot mobil Anda. Pada saat mobil dihidupkan pertama kali, asap yang keluar biasanya adalah berwarna putih tidak pekat. Namun, asap ini secara perlahan akan menghilang ketika mobil sudah cukup panas. Namun, jika Anda melihat asap yang keluar dari knalpot berwarna, maka hal terseut mengindikasikan adanya masalah pada mesin.

Lebih peka terhadap kondisi mesin mobil Anda akan mencegah mesin mobil mengalami kerusakan yang parah. Dengan begitu, biaya yang harus Anda keluarkan untuk perbaikan juga tidak akan terlalu besar. (Vita)