Training Untuk Operator Alat Berat

Meskipun tidak banyak, namun ternyata banyak yang merasa bahwa memiliki kemampuan untuk mengoperasikan alat berat itu terlihat keren. Apalagi, jika alat berat yang dioperasikan berukuran raksasa, seperti Big Brutus, salah satu shovel terbesar di dunia. Sayangnya, tidak banyak yang memiliki kesempatan tersebut. Yah, mengendarai alat berat biasa saja belum tentu bisa, apalagi alat berat berukuran raksasa. Ditambah lagi, alat berat berukuran besar ini termasuk jarang digunakan di Indonesia, jadi tidak banyak yang menawarkan pelatihan untuk mengoperasikan alat besar ini.Training Untuk Operator Alat Berat

Meskipun Anda belum memiliki kesempatan untuk mengoperasikan alat berat berukuran besar, bukan berarti keinginan Anda untuk menjadi operator alat berat harus dipupuskan begitu saja. Anda masih tetap bisa mewujudkan impian dengan mengikuti kegiatan trainning yang banyak diadakan saat ini. Dalam training ini, Anda akan diajarkan beberapa hal, yaitu:

  • Mengenali konstruksi dasar dari alat berat yang akan dioperasikan, nama komponen serta fungsinya, dan berbagai kontrol dan cara menggunakannya.
  • Membaca dan memahami buku panduan dari alat berat. Walaupun secara umum buku panduan ini mirip, namun tidak menutup kemungkinan akan ditemukan beberapa perbedaan dari buku panduan dari alat berat yang diproduksi oleh suatu perusahaan dengan perusahaan lainnya.
  • Prosedur yang harus dilakukan saat sebelum, setelah dann sedang dalam masa pengoperasian alat berat.
  • Bagaimana dan apa yang harus dilakukan operator saat mengoperasikan alat berat dalam meda yang berbeda, misalnya medan yang kasar dan halus
  • Manuver maju dan mundur
  • Posisi aman saat mengoperasikan alat berat. Hal ini bisa berbeda pada setiap alat berat.
  • Mengenali material yang kemudian akan berhubungan langsung dengan alat berat. Misalnya pada alat berat shovel, material apa saja yang akan diangkat dan bagaimana karakteristiknya.

Masih ada banyak hal lainnya yang nantinya akan diajarkan kepada peserta training. Biasanya, ada beberapa poin yang mungkin akan berbeda karena perbedaan dari jenis alat berat yang akan dilakukan pelatihan. Training ini juga tidak diadakan hanya satu hari, melainkan beberapa hari. Selain itu, pada akhir training juga akan diberikan tes untuk memastikan bahwa peserta training sudah menguasai materi yang diajarkan. Setelah training, untuk semakin menambah pengetahuan mengenai alat berta, Anda bisa coba mempelajari alat berat melalui video Youtube yang bisa dengan mudah diakses dan gratis! (Vita)