Tertarik Kuliah di Jerman? Ini Hal Yang Harus Diperhatikan!

Jika kamu tertarik kuliah di Jerman, akan tetapi tidak memiliki link lembaga yang menyediakan beasiswa ke Jerman, dan kamu hanya mencarinya di internet rumah tentu beasiswa tersebut sulit untuk kamu dapatkan. Kenapa hal itu bisa terjadi? Yaa, ini disebabkan oleh banyaknya siswa maupun mahasiswa di luar Jerman yang ingin mendapatkan beasiswa dan berkuliah di negara Jerman. Dan juga dikarenakan banyaknya hal-hal yang harus dipersiapkan terlebih dahulu seperti harus mengurus semua data-data untuk perkuliahan, membuat visa yang sedikit susah dan lain sebagainya.

Selain itu, memperhatikan beberapa hal juga sangat penting bagimu, Berikut diantaranya:

  1. Bebas Bayaran. Siapa yang tidak suka berkuliah secara gratis dan di luar negeri pula? Tentunya semua suka bukan? Bagi kamu yang ingin kuliah secara gratis di universitas di Jerman, maka syaratnya kamu harus diterima terlebih dahulu di universitas negeri. Jika kamu sudah diterima di universitas negeri, otomatis kamu tidak akan membayar lagi uang kuliah yang begitu mahal.
  2. Mendaftar Beasiswa. Jika kamu berniat kuliah di Jerman, mendaftar beasiswa DAAD sangat direkomendasikan. Apa itu DAAD? DAAD adalah lembaga negara Jerman yang memberikan beasiswa paling banyak bagi mahasiswa asing. DAAD sendiri tersebar di banyak negara di dunia salah satunya Indonesia. So, jika kamu berniat untuk kuliah di universitas di Jerman, melamar beasiswa ke DAAD sangat direkomendasikan.
  3. Masalah Tempat Tinggal. Walaupun tersedia banyak asrama di universitas Jerman, akan tetapi untuk dapat tinggal di asrama sangatlah sulit. Oleh sebab itu, banyak dari mahasiswa Jerman yang lebih memilih menyewa sebuah apartemen. Di apartemen mahasiswa sudah mendapatkan fasilitas lengkap seperti kamar tidur, kamar mandi, dapur dan lain sebagainya.
  4. Masalah Visa. Buat mahasiswa yang bukan anggota Uni Eropa kerap sekali menghadapi masalah pembuatan visa. Kenapa? Yaa, hal ini dikarenakan negara Uni Eropa sangat ketat sekali dalam hal visa. Begitu juga dengan negara Jerman, Jerman sangat mempermasalahkan sekali soal pembuatan visa. Apabila kamu memiliki alasan datang ke Jerman contohnya study, Aupair, maka kamu akan sedikit dipermudahkan.
  5. Bisa Bahasa Jerman Sangat Membantu. Jika kamu berniat kuliah di Jerman dan kamu bisa berbahasa Jerman, maka itu akan menjadi nilai tambah buat kamu. Kenapa? Yaa, bagi kamu yang bisa berbahasa Jerman, sudah pasti kamu akan sangat mudah bersosialisasi dengan orang Jerman. Kamu tidak perlu takut lagi salah dalam pengucapan. Meskipun masyarakat Jerman bisa berbahasa Inggris, akan tetapi jika ada orang luar Jerman yang bisa berbahasa jerman, maka orang Jerman akan sangat senang sekali.

Kamu tertarik untuk berkuliah di Jerman? –Sh–