Ternyata Begini Cara Membuat Smoothie yang Sehat dan Lezat!

Smoothie merupakan salah satu resep masakan sehat yang digandrungi masyarakat ibukota beberapa waktu belakangan ini. Mengapa? Pasalnya, smoothie sangat mudah dibuat, praktis, dan juga mengandung nutrisi tinggi. Hanya saja, sayangnya banyak masyarakat yang belum tahu nih bagaimana cara membuat smoothie yang benar, yang tidak hanya terasa enak saja tetapi juga sehat.

smoothie

Source: eatingwell

Lantas, gimana ya cara membuat smoothie yang enak dan juga sehat? Hmm, mudah saja kok. Simak caranya berikut ini, ya:

  1. Cek komposisinya.

Jika kamu menggunakan smoothie sebagai pengganti makanan berat, untuk sarapan misalnya, kamu harus memastikan komposisinya sudah tepat untuk memenuhi kebutuhan energi harianmu. Untuk itu, hitung komposisi bahan yang digunakan dan pastikan jika protein, lemak, dan juga karbohidrat yang ada di dalamnya sudah cukup. Jika kamu bingung harus menambahkan apa pada smoothie agar kandungan proteinnya mencukupi, kamu bisa menambahkan kacang-kacangan di dalamnya sebagai sumber dari protein nabati.

  1. Pastikan buah yang digunakan segar.

Yap, ini dia yang penting. Buah segar berarti kandungan nutrisi yang di dalamnya juga segar dan masih lengkap. Nah, tentunya kamu juga bertanya-tanya: kalau sibuk sepanjang hari, mana sempat membeli buah segar? Well, bisa kok. Kalau kamu terbiasa membeli buah dalam jumlah banyak, simpan buah-buahan tersebut dalam freezer untuk dibekukan. Mengapa dibekukan? Sebab kandungan mineral dari buah dan sayur yang dibekukan ternyata lebih tinggi dibanding yang tidak. Namun demikian, di saat yang sama, proses pembekuan ini juga menurunkan kandungan vitamin C dalam buah. Untuk itu, usahakan untuk tidak menyimpan buah dan sayur dalam freezer dalam waktu yang lama, ya.

  1. Hindari menambahkan gula dan krim.

Ketika membuat smoothie, kita pastinya punya kecenderungan untuk menambahkan gula agar rasanya lebih manis dan juga krim agar smoothie terasa lebih kental. Padahal, kedua hal ini malah merusak kandungan gizi yang ada di dalam smoothie. Krim yang ditambahkan membuat smoothie menjadi mengandung lemak tinggi dan tidak baik untuk kesehatan. Kalau kamu memang ingin membuat smoothie yang ekntal dan manis, tambahkan saja potongan pisang. Smoothie menjadi lebih kental, manis, dan juga mengandung lebih banyak nutrisi.

Gimana, sudah siap untuk mencoba membuat smoothie yang sehat dan lezat ini? Kalau kamu sedang tidak mood membuat smoothies sendiri di rumah, jangan khawatir, ada banyak rekomendasi smoothie bowl di Jakarta yang sedang hits yang bisa kamu coba! Selamat mencoba dan semoga membantu, ya!