Sutradara ‘Kimi no Na wa’ Ternyata Khawatir dengan Popularitas Filmnya!

Sejak dirilis pada bulan Juni tahun lalu, film animasi Jepang yang berjudul Kimi no Na Wa (Your Name) telah mencuri perhatian masyarakat dunia. Hal ini bisa dilihat dari seberapa tinggi hype masyarakat dunia mengenai animasi ini di internet dan juga media sosial. Untuk kalian yang aktif berkelana di internet dengan menggunakan paket internet cepat dan murah, pastinya tahu bahwa kesuksesan film ini sungguhlah luar biasa.

kimi no na wa

Source: myanimelist

Secara statistik, Kimi no Na Wa memang tidak main-main. Pendapatan film animasi ini bahkan melebihi animasi besutan Studio Ghibli, yakni Princess Mononoke. Meskipun Makoto Shinkai selaku pencipta selalu mengatakan bahwa Kimi no Na Wa merupakan film yang ‘incomplete’, tampaknya publik berpikir sebaliknya. Animasi ini tidak hanya populer di Asia, tetapi juga di Amerika dan Eropa. Kimi no Na Wa bahkan sudah masuk dalam nominasi Oscar seperti yang dilansir dari sumber berita Antara.

Akan tetapi, tampaknya Makoto Shinkai tidak bisa menerima semua kesuksesan tersebut dengan lapang dada. Belum lama ini, Shinkai menyampaikan kekhawatirannya mengenai popularitas Kimi no Na Wa. Ia bahkan menyebutkan bahwa semua pujian yang diterimanya ‘tidak sehat’. Ia pun merasa keberatan ketika publik menyebutnya sebagai ‘the next Miyazaki’.

“Tentu, saya senang ketika orang-orang menyebut nama saya dan Hayao Miyazaki dalam satu kalimat. Semua ini terasa seperti mimpi. Akan tetapi, orang-orang memuji Kimi no Na Wa secara berlebihan dan itu tidak sehat. Aku sama sekali bukan apa-apa dan tidak bisa disetarakan dengan Hayao Miyazaki,” jelas Shinkai.

Makoto Shinkai juga menambahkan bahwa ia berharap Hayao Miyazaki, sutradara dan produser berbakat yang telah memproduksi animasi legendaris seperti Spirited Away, Howl’s Moving Castle, dan My Neighbor Totoro tidak pernah menonton film-nya. “Ia akan melihat banyak sekali kekurangan di dalam film tersebut,” ujar Shinkai.

Kimi no Na Wa sendiri telah mengalami banyak rintangan sebelum bisa dinikmati seperti sekarang. Film ini dibuat dalam waktu dua tahun dan sempat mengalami masalah biaya. Shinkai mengatakan bahwa ia senang bahwa animasi ini dicintai banyak orang, tetapi juga khawatir karena it worked too well. Bagaimana menurutmu?