Rumah atau Apartemen yang Lebih Baik?

Memilih properti indonesia untuk menjadi tempat tinggal bukanlah hal yang mudah. Terlebih lagi harganya yang tidaklah murah, membuat seseorang harus mempertimbangkan banyak hal sebelum memutuskan untuk membeli nya. Selain itu, semakin banyaknya penawaran apartemen murah dan jalanan di pusat perkotaan yang semakin padat, membuat kita terkadang semakin bingung untuk memutuskan, apakah harus membeli apartemen ataukah rumah? Tentunya antara membeli apartemen atau rumah, keduanya sama-sama memberikan keuntungan. Hanya saja, keuntungan ini mungkin akan dirasa berbeda pada setiap orangnya. Berikut ini, adalah beberapa hal yang bisa dijadikan bahan pertimbangan saat menentukan ingin membeli rumah ataukah apartemen untuk tempat tinggal:

  • Rumah

Jika kita tinggal dirumah, kita akan bebas mendesain bentuk rumah kita sesuai selera. Selain itu, kita juga bisa membuat sebuah taman, baik taman itu berukuran kecil ataupun besar. Kita juga bebas menanam pohon atau tanaman apapun, dan mengaturnya sesuai selera. Tidak ada juga yangRumah atau Apartemen yang Lebih Baik akan melarang kita memelihara hewan di dalam rumah kita, asalkan hewan peliharaan kita ini tidak mengganggu orang sekitar (tetangga). Selama rumah kita masih dapat menampung, kita boleh saja memiliki kendaraan roda empat lebih dari 1. Secara tidak langsung, kita akan lebih merasa bebas melakukan berbagai hal jika kita tinggal di sebuah rumah.

Namun, ada beberapa hal yang harus kita ingat, yaitu kita masih harus mengurus biaya utilitas (PAM, PLN, dan sebagainya) yang biayanya bisa saja berbeda setiap waktu. Selain itu, kita juga masih harus mengurusi masalah kebersihan, kecuali jika kita menggunakan asistem rumah tangga untuk membantu kita mengurus rumah. Begitu pula dengan masalah keamanan, kita masih harus mengatasi masalah ini sendiri.

  • Apartemen

Apartemen yang umumnya Rumah atau Apartemen yang Lebih Baikberdiri di pusat kota, akan memperpendek jarak tempuh kita menuju ke tempat kerja. Artinya, kita akan memiliki lebih banyak waktu untuk beristirahat sepulang kerja. Apalagi, masalah kebersihan, keamanan dan utilitas sudah bukan lagi menjadi urusan kita. Karena umumnya ini sudah diurus oleh pihak pengelola apartemen.

Namun, kita akan terikat dengan beberapa peraturan jika tinggal di apartemen, misalnya saja terka
it dengan larang memiliki mobil lebih dari 1 (karena keterbatasan lahan parkir), larangan memelihara binatang (dianggap merusak), dan berbagai aturan lainnya.

Jadi, mana yang lebih baik? Semua dikembalikan pada kebutuhan masing-masing? (Vita)