Rahasia Panjang Umur dari Jepang

Semua orang tentunya ingin berumur panjang. Meski sudah melindungi diri dengan asuransi kesehatan yang bagus, namun semua orang tentunya ingin terus hidup sehat dan dapat menikmati kehidupan dalam waktu yang cukup

Kesehatan Wania Jepang

Source: all about Japan

lama. Kamu pun tentunya juga begitu, kan? Nah, jika memang itu yang kamu inginkan, kamu bisa belajar dari masyarakat Jepang nih. Jepang terkenal sebagai negara dengan tingkat kehidupan tertinggi di dunia dan ternyata, rahasia panjang umur dari Jepang adalah dari apa yang mereka konsumsi sehari-hari. Ini dia daftarnya:

  1. Ikan

Buat kamu yang belum tahu, orang Jepang ternyata sangat suka sekali memakan ikan, lho. Ikan dijadikan sebagai lauk dan juga bahan dasar untuk makanan lain. Kalau tidak percaya, coba saja cek berapa banyak makanan di Jepang yang terbuat dari ikan! Nah, selidik punya selidik, ternyata ikan ini mengandung banyak manfaat. Ikan merupakan sumber asam lemak dan omega3 terbesar yang mampu menjaga kesehatan jantung. Tidak heran jika masyarakat Jepang kebanyakan berumur panjang, karena ikan yang dikonsumsi oleh mereka setiap hari pun sangat baik untuk tubuh. Tidak hanya menjaga jantung, ikan pun mampu memperlancar aliran darah, menjaga kesehatan otak, dan mengurangi inflamasi.

  1. Miso

Selain ikan, makanan lain yang hampir selalu dimakan oleh orang Jepang adalah miso. Miso sendiri merupakan makanan yang terbuat dari kacang kedelai yang telah difermentasi. Miso mengandung isoflavon yang dapat membantu mengatasi masalah menopause, mengandung phytoestrogen, dan mampu mengurangi risiko kanker payudara serta kanker endometrium. Tidak hanya itu, miso juga berfungsi untuk menjaga kepadatan mineral pada tulang sehingga bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang di hari tua.

  1. Rumput laut

Rumput laut atau nori juga sering nih dijadikan sebagai bahan makanan di Jepang. Entah dijadikan sebagai pelapis nasi, pelengkap untuk sushi, atau bahkan dijadikan sebagai sup untuk waktu-waktu tertentu. Nah, rumput laut ternyata mengandung banyak zat mineral seperti yodium, seng, magnesium, kalsium, kalium, dan banyak lagi yang sangat baik untuk sistem kekebalan tubuh. Tidak hanya itu, rumput laut juga berfungsi sebagai antioksidan yang mampu menjaga kesehatan jantung. Wah, tidak disangka, ya!

  1. Matcha.

Matcha atau teh hijau merupakan salah satu minuman yang terkenal dari Jepang. Beberapa tahun belakangan, matcha ini bahkan menarik perhatian publik dan dijadikan sebagai campuran rasa untuk berbagai produk makanan. Nah, di Jepang, matcha sendiri seringnya disajikan dalam bentuk bubuk teh hijau tradisional yang terbuat dari pucuk daun tanaman teh. Matcha mengandung banyak jenis flavanol yang disebut sebagai catechin. Zat ini konon dapat menjaga antioksidan dalam tubuh lho.

Nah, itu dia rahasia panjang umur ala masyarakat Jepang. Gimana, kamu mau mempraktekkannya nggak, nih? Kalau iya, yuk coba segera mulai 😀