Penyebab Terjadinya Kecelakaan Lalu Lintas

Siapa sih yang mau terlibat dengan kecelakaan lalu lintas. Meskipun sudah mendaftarkan diri menjadi pemegang polis Asuransi Perjalanan Online sekalipun, tetap saja pasti tidak ada yang mau. Ya jelas kan, siapa juga yang akan senang ketika sedang asik liburan ke sebuah tempat, tapi justru harus menginap di rumah sakit atau merasakan sakit sepanjang hari akibat mengalami hal ini. Apalagi, jika pendaftaran asuransi perjalanan online masih ditolak karena beberapa hal, kerugian yang kita terima akan berkali lipat.Penyebab Terjadinya Kecelakaan Lalu Lintas

Akan tetapi, kecelakaan terkadang menjadi hal yang sulit untuk dihindari. Apalagi, jika kecelakaan ini disebabkan oleh orang disekitar kita, bukan karena diri kita sendiri. Memang, ada banyak sekali penyebab terjadinya kecelakaan, antara lain:

  • Diri sendiri

Mengantuk, tidak menaati aturan lalu lintas, menyetir dalam kondisi tidak sadar (mabuk atau setelah mengonsumsi obat-obatan) merupakan salah satu faktor utama terjadinya kecelakaan. Kondisi supir yang mengantuk ataupun menyetir dalam kondisi tidak sadar, akan membuat responnya terhadap kondisi sekitar menjadi kurang waspada. Gagal menginjak pedal rem tepat waktu saat dibutuhkan, atau bahkan salah menginjak pedal gas saat ingin menginjak pedal rem. Akibatnya, sudah bisa dibayangkan dong seberapa parahnya? Hal inilah yang membuat pihak kepolisian lalu lintas berulang kali mengingatkan agar tidak menyetir saat berada dalam kedua kondisi ini.

  • Kondisi sekitar

Bagaimana kondisi sekitar saat kita berkendara juga bisa menjadi penyebab terjadinya kecelakaan lalu lintas. Misalnya saja, suasana yang terlalu gelap dan tidak ada lampu jalan di area tersebut. Selain itu, bisa juga disebabkan karena adanya pengendara lain yang memodifikasi kendaraan namun dengan modifikasi yang cukup membahayakan. Misalnya saja, seperti merubah lampu mobil bagian belakang dengan lampu berwarna putih. Akibatnya, pengendara akan berpikir bahwa kendaraan yang berada di depannya berjalan berlawanan arah dengannya. Atau, bisa juga dengan mengubah lampu sein dengan lampu berwarna putih yang menyala ecara kedap-kedip. Lampu yang menyala seperti ini tentunya akan sangat berbahaya bagi penglihatan karena membuat mata terasa sakit.

  • Cuaca

Ini juga salah satu faktor yang sulit dihindari. Cuaca yang umum menjadi penyebab terjadinya kecelakaan yaitu, hujan yang sangat deras dan disertai petir atau kilat, dan juga kabut yang sangat tebal. Kedua hal ini sangat berpotensi mengganggu penglihatan pengendara. (Vita)