Mewarnai Sambil Melepas Stress

Mewarnai sudah menjadi kegiatan menyenangkan yang kita lakukan sejak kecil. Sayangnya, kegiatan ini perlahan-lahan terlupakan dan tergantikan ketika kita beranjak dewasa. Nah, akhir-akhir ini, popularitas kegiatan mewarnai semakin meningkat dengan munculnya coloring book for adult. Buku ini merupakan buku mewarnai yang dikhususkan untuk orang dewasa dan bisa dibeli melalui situs Amazon. Berikut ini adalah dua buku rekomendasi best-seller untuk melepas stress. Psst, untuk yang tinggal di Indonesia, pastinya kita memerlukan jasa pengiriman internasional untuk mendapatkannya, ya!Mewarnai Sambil Melepas Stress

  1. Adult Coloring Book: Stress Relieving Patterns by Blue Star Coloring. Rilis 28 Maret 2015. Buku ini berisi motif-motif bergambar yang kompleksitasnya beragam mulai dari mudah hingga sulit. Satu buku dihargai sebesar $9.40.
  2. Color Me Calm: 100 Coloring Templates for Meditation and Relaxation by Lacy Mucklow and Angela Porter. Terbit 27 Oktober 2014. Di dalam buku ini terdapat beberapa tema seperti Mandalas, Water Scenes, Wooded Scenes, Geometric Patterns, Flora & Fauna, Natural Patterns, dan Spirituality. Satu buku dihargai $10.53.

Semua bermula pada tahun 2011, ketika ilustrator Johanna Basford menyuarakan ide untuk membuat coloring book for adult dan bekerja sama dengan sebuah penerbit di Inggris. Idenya mendapat sambutan yang positif, terbukti dari bukunya yang berjudul Secret Garden: An Inky Treasure Hunt and Coloring Book yang laris manis di pasaran dan berhasil terjual dua juta kopi dalam waktu singkat di seluruh dunia. Saat ini, enam dari 20 buku terlaris di Amazon didominasi oleh coloring books for adults. Huffington Post sendiri menyatakan bahwa larinya buku bergambar ini bukan hanya sebagai tren semata, tetapi juga sudah menjadi kebutuhan bagi para manusia dewasa.

Coloring book for adults dianggap mampu membuat kita relaks dan melepaskan beban di pikiran untuk sejenak. Pendapat ini pun diperkuat dengan kebiasaan seorang psikolog terkenal, Carl Jung, yang merupakan seorang big fan of art therapy. Konon, Jung sering menggunakan media mewarnai untuk menenangkan pikirannya. Ketika kita mewarnai, otak kita akan secara tidak langsung akan menjalankan mode ‘tidak sadar’ dan membuat kita melepaskan stress.