Mengenal Jenis Stiker

Hayooo, siapa yang tidak mengenal stiker? Rasanya, hampir tidak mungkin jika masyarakat ibukota seperti kita belum mengenal kata stiker. Tanpa disadari, hidup kita memang diwarnai dengan keberadaan stiker. Entah stiker sederhana yang menempel di barcode makanan, stiker ‘family’ yang marak digunakan di mobil, atau bahkan stiker lucu yang sengaja ditempelkan demi alasan estetika. Rasa-rasanya, keberadaan stiker memang selalu ada di sekitar kita. Oleh sebab itu, tidak heran jika tempat cetak stiker di Jakarta pun semakin merajalela karena tingkat kebutuhan kita yang semakin tinggi. mengenal jenis stiker

Bicara tentang stiker, rasanya akan lebih menarik jika membahas seluk beluknya. Apa sih stiker itu? Well, stiker merupakan semacam kertas yang memiliki perekat agar bisa menempel di permukaan benda. Stiker ini fungsinya beraneka ragam, mulai dari penyampai informasi hingga sebagai pemanis saja. Dan ternyata, tahukah kamu kalau stiker juga memiliki berbagai jenis yang berbeda antara satu dan lainnya? Apa saja perbedaan itu? Simak liputan lengkapnya!

  1. Pernah dengar kata vinyl? Bukan, bukan vinyl yang berarti piringan hitam itu. Vinyl di sini merupakan nama bahan stiker yang terbuat dari plastik lentur. Stiker yang terbuat dari vinyl daya tahannya sangat baik karena mereka sempurna dan tintanya tidak mudah hilang.
  2. Sesuai dengan namanya, stiker ini memang terbuat dari kertas HVS khusus yang diberi perekat. Oleh sebab itu, karena terbuat dari kertas maka daya tahannya tidak begitu baik dan lemnya bisa mengelupas. Stiker dengan bahan ini cocok jika Anda hanya ingin menggunakannya dalam waktu yang sebentar.
  3. Ini dia jenis stiker yang sering Anda lihat ketika berbelanja di swalayan besar. Stiker berbahan bontaks memiliki daya rekat yang sangat kuat dengan kesan glossy yang diambil dari proses laminasi. Sifat dan karakteristik yang mumpuni dari stiker ini membuat bontaks ramai digunakan untuk membungkus kemasan produk.

Wah, ternyata stiker memiliki beragam jenis, ya? Siapa sangka jika stiker memiliki jenis yang begitu beragam dan beraneka rupa? Yuk, cari tahu lebih dalam lagi tentang jenis stiker! (Tr)