Mencegah Saluran Air Pada Pipa Tersumbat

Setiap bangunan pasti membutuhkan pipa sebagai saluran air, termasuk juga rumah kita. Namun, pipa ini biasanya terpasang di bagian dalam dinding atau bawah lantai, karena itulah kita benda ini tidak terlihat. Tujuan pemasangannya di bagian dalam ini, adalah agar rumah tetap terlihat rapi. Akan tetapi, hal ini memiliki risiko. Misalnya, ketika tiba-tiba saluran air tersumbat kita akan kesulitan untuk menemukan dimana sumber masalah ini berada. Bagian rumah mana yang harus dibongkar untuk mengatasi sumbatannya. Jika masalah ini sampai terjadi, meski kita menggunakan pipa dengan kualitas terbaik dan harga pipa mahal sekalipun, tetap saja tidak akan berpengaruh. Tetap saja harus dibongkar untuk diselesaikan masalah sumbatannya.Mencegah Saluran Air Pada Pipa Tersumbat

Memang, masalah saluran air yang tersumbat ini adalah hal yang umum terjadi. Banyak dari mereka yang mengalami masalah ini berusaha untuk menyelesaikan masalahnya, tanpa melakukan pembongkaran. Ada yang berhasil, namun ada juga yang gagal. Nah, daripada kita susah-susah mengatasi masalah ini, kenapa tidak berusaha untuk mencegahnya saja. Berikut ini beberapa tips menghindari penyumbatan pada saluran air yang bisa dilakukan?

  • Gunakan saringan

Pastikan untuk menggunakan saring disetiap saluran pembuangan, baik itu di kamar mandi, tempat cuci piring, ataupun saluran pembuangan lainnya. Saringan ini sangat penting, karena dapat menghalangi kotoran yang masuk ke dalam pipa saluran air. Ketika saluran air ini sudah mulai kotor, maka proses masuknya air akan terhalang. Agar hal ini tidak terjadi, maka bersihkanlah saringan aier secara berkala, atau ketika dirasa benar-benar sudah kotor.

  • Waspada penggunaan sabun batangan

Meskipun sudah banyak yang beralih ke sabun cair, tapi ternyata sabun batangan masih memiliki penggemar. Sebenarnya hal ini bukan masalah, asalkan kita waspada saat menggunakan sabun batangan. Semakin lama digunakan, sabun ini akan semakin kecil. Nah, sabun yang telah kecil ini, sebaiknya dibuang atau ditempelkan pada sabun yang baru. Jangan sampai membiarkannya masuk ke dalam saluran pembuangan. Sebab, sabun ini dapat menempel pada dinding pipa, dan ketika ada kotoran yang mungkin tanpa sengaja masuk, kotoran ini dapat menempel pada sisi sabun. Jika dibiarkan terus, maka sabun ini akan semakin besar dan akhirnya menyumbat saluran.

  • Buang rambut yang terdapat pada saringan

Ini biasanya terjadi pada saluran air di kamar mandi. Rambut yang rontok saat mandi atau keramas, biasanya dibiarkan jatuh begitu saja dan mengalir ke saluran pembuangan. Padahal, rambut ini bisa tersangkut oleh sesuatu pada saat berada di saluran air, dan beresiko menjadi sumber sumbatan. Jadi, sebaiknya kumpulkan rambutmu dan buanglah di tempat sampah seusai mandi. (Vita)